Mendagri Ingatkan Anies Soal Level Lockdown

    Cindy - 17 Maret 2020 15:42 WIB
    Mendagri Ingatkan Anies Soal Level <i>Lockdown</i>
    Mendagri Tito Karnavian di Balai Kota DKI Jakarta. Foto: Medcom/Cindy
    Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menggelar rapat koordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait wabah virus korona (covid-19). Salah satu yang dibahas yakni terkait kebijakan mengisolasi wilayah (lockdown). 

    "Kami sampaikan kepada Pak Gubernur DKI (Anies Baswedan) tentang pembatasan kewilayahan menjadi kewenangan pusat dalam hal ini Pak Presiden (Joko Widodo)," kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 17 Maret 2020.

    Baca: Badan Uji Spesimen Korona Harus Ditambah

    Tito menjelaskan mekanisme pembatasan wilayah termuat dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Ada empat level pembatasan atau karantina, yakni karantina rumah, rumah sakit, wilayah, dan pembatasan interaksi sosial yang bersifat masif.

    Tito mengingatkan keputusan lockdown harus didasari sejumlah pertimbangan. Misalnya, terkait efektivitas, tingkat epidemi, sampai pertimbangan ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.

    "Pak Presiden sudah menyampaikan untuk karantina kewilayahan, kepala-kepala daerah untuk mengonsultasikan dengan pemerintah pusat dan gugus tugas percepatan penangangan covid-19," ucap Mantan Kapolri itu.

    Tito akan menyampaikan hasil diskusi penanganan korona bersama Pemprov DKI kepada gugus tugas percepatan penanganan covid-19. Ia bakal menggelar rapat bersama lembaga yang dipimpin Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo itu sore ini.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id