DPRD Bentuk Panlih Wagub DKI Besok

    Sri Yanti Nainggolan - 18 Februari 2020 15:46 WIB
    DPRD Bentuk Panlih Wagub DKI Besok
    Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik. Foto: Medcom/Sri Yanti Nainggolan
    Jakarta: DPRD DKI Jakarta akan membentuk panitia pemilihan (panlih) calon wakil gubernur (cawagub) DKI pada Rabu, 19 Februari 2020. Setiap fraksi diminta mengutus satu perwakilan untuk menjadi anggota panlih.

    "Jadi, kita sebentar lagi punya wakil gubernur," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik di Gedung DPRD DKI, Selasa, 18 Februari 2020. 

    Panlih akan mempersiapkan paripurna untuk pemilihan cawagub. Saat paripurna, dua cawagub yang sudah disetorkan namanya ke DPRD DKI akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan tanpa melibatkan ahli. Bentuk ujian yang dilakukan ialah tanya jawab antara cawagub dan legislator.

    "(Dilakukan) dalam paripurna sebelum pemilihan, nanti yang ngatur panitia pemilihan (panlih)," ujar politikus Partai Gerindra itu.

    Taufik mengatakan proses pemilihan akan dilakukan secara tertutup. Menurut dia, skema ini sudah biasa bagi DPRD DKI.

    DPRD Bentuk Panlih Wagub DKI Besok
    Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani

    DPRD DKI juga mengadakan rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk membahas tata tertib pemilihan cawagub pada Selasa, 18 Februari 2020. Topik yang dibahas dalam rapimgab ialah pasal-pasal dan dialog antara cawagub dan para anggota dewan.

    Kursi wagub DKI kosong sejak Agustus 2018. Jabatan wagub ditanggalkan Sandiaga Uno yang memilih ikut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
     
    Posisi wagub menjadi jatah Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Anies-Sandiaga di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Namun, pemilihan wagub mandek di DPRD DKI.
     
    Kader PKS Nurmansyah Lubis dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria pun disodorkan sebagai cawagub DKI. Keduanya bakal dipilih DPRD DKI medio Februari 2020. 



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id