Pohon yang Ditebang di Monas Bakal Jadi Mebel

    Insi Nantika Jelita - 13 Februari 2020 06:51 WIB
    Pohon yang Ditebang di Monas Bakal Jadi Mebel
    Revitalisasi Monas. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Pohon yang ditebang di kawasan Monumen Nasional (Monas) bakal dijadikan mebel. Furnitur dari pohon yang ditebang itu bakal menjadi aset Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas.

    "Biasanya (sisa pohon) disimpan atau dimanfaatin untuk membuat bangku atau furniture. Itu kan pohon miliknya UPK Monas," kata Kepala Dinas Cipta Karya, Pertanahan, dan Tata Ruang (Citata) Provinsi DKI Jakarta Heru Hermawanto di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu, 12 Februari 2020.

    Proyek revitalisasi Monas mengakibatkan berbagai jenis pohon besar seperti trembesi, mahoni, hingga tabebuya ditebang. Padahal, sebagian jenis pohon itu punya nilai yang sangat tinggi di pasaran.

    Misalnya, harga kayu mahoni dijual Rp2,5 juta per meter kubik untuk kaso. Adapun untuk kayu batangan dijual Rp400 ribu per meter tergantung diameternya.

    Kayu trembesi beda lagi harganya. Kayu itu dijual lebih mahal daripada mahoni. Kisaran harga untuk kayu berdiameter 40 cm dijual Rp1,5 juta hingga Rp1,9 juta per meter. Lalu kayu trembesi berdiameter 70 cm ditawarkan Rp3,8 juta per meter.

    Pohon yang Ditebang di Monas Bakal Jadi Mebel
    Revitalisasi Monas. Foto: Medcom/Sri Yanti Nainggolan

    Heru tak bisa menjamin pohon-pohon yang ditebang itu tidak dijual lagi. Heru mengeklaim Pemprov DKI sudah menanam kembali pohon-pohon dengan ukuran besar di Monas.

    "Saya enggak mengerti (kalau sisa pohon di jual lagi), karena itu kembali kepada pemilik asetnya kan. Kami kan sebagai pelaksana disini (revitalisasi Monas). Intinya bahwa barang itu (sisa pohon) dititipkan kemarin, disimpan," kata Heru.

    Bagian selatan Monas sempat gundul lantaran 191 pohon ditebang dan 85 pohon berukuran kecil dipindahkan dari lokasi itu demi proyek revitalisasi Monas. "Sudah ditanam lagi itu. Ada Pohon Mahoni, Trembesi, Munggur. Itu sesuai rekomendasi," tandas Heru.



    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id