Bantuan Korban Kebakaran Manggarai Harus Diberikan Tepat Sasaran

    Theofilus Ifan Sucipto - 11 Juli 2019 08:03 WIB
    Bantuan Korban Kebakaran Manggarai Harus Diberikan Tepat Sasaran
    Wali Kota Jakarta Selatan Marullah. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto,
    Jakarta: Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menginstruksikan bantuan pada korban kebakaran di Manggarai tepat sasaran. Seluruh korban harus dipastikan mendapat bantuan.

    Marullah menyebut bantuan berupa 1.000 makanan telah didistribusikan kepada korban kebakaran di sekitar Stasiun Manggarai, Jalan Lebak Swadaya I, RT 12/RW 07, Kampung Bali Matraman. Dia memperkirakan jumlah tersebut cukup untuk hari ini.

    “Angka itu kelihatannya cukup asal pendistribusiannya benar,” kata Marullah di salah satu lokasi pengungsian, SDN Manggarai 05, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Juli 2019.

    Dia mengatakan telah menginstruksikan hal tersebut kepada lurah dan camat setempat. Marullah meminta seluruh korban kebakaran didata dengan baik.

    “Jangan ada tempat yang tidak terjangkau bantuan. Saya minta betul-betul dikomunikasikan,” tandas Marullah.

     Selain itu, lanjutnya, dia meminta camat untuk membantu membersihkan lokasi di sekitar kebakaran. Marullah berjanji akan menyampaikan hal tersebut kepada Gubernur DKI Anies Baswedan yang kini tengah ke bertandang ke Medellin, Kolombia.

    Marullah berharap pemerintah bisa membantu masyarakat mendirikan kembali 150 rumah warga terdampak. Bahkan, kata dia, tidak menutup kemungkinan pemerintah bekerja sama dengan  Badan Amil Zakat dan Infaq/Shadaqah (Bazis).

    “Mereka bisa memberi bantuan untuk sekadar mendirikan rumah secara sederhana,” pungkas dia.

    Camat Tebet, Jakarta Selatan, Dyan Airlangga, memastikan bantuan segera diberikan kepada korban kebakaran di sekitar Stasiun Manggarai, Jalan Lebak Swadaya I, RT 12/RW 07, Kampung Bali Matraman. Warga yang terdampak akan ditempatkan di lokasi sementara.
     
    "Kami turut prihatin. Kami telah mempersiapkan beberapa titik lokasi pengungsian," kata Dyan.
     
    Selain SDN Manggarai 05, ungkap Dyan, warga diungsikan ke Masjid Nurul Huda, Manggarai, dan Puskesmas Kelurahan Manggarai. Situasi tanggap darurat ini direncanakan berlangsung hingga Minggu, 14 Juli 2019, sore. 

    Dinas Sosial DKI Jakarta turut menyediakan bantuan logistik. Mereka menyiapkan 1.000 makanan siap saji untuk hari ini. "Pemerintah setempat juga akan membangun dapur umum yang berlokasi di Kelurahan Manggarai," pungkas Dyan.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id