PSI Gulirkan Interpelasi untuk Anies Terkait Penanganan Banjir Jakarta

    Sri Yanti Nainggolan - 25 Februari 2021 15:49 WIB
    PSI Gulirkan Interpelasi untuk Anies Terkait Penanganan Banjir Jakarta
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Nur Azizah



    Jakarta: Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta akan menggunakan hak interpelasi untuk meminta keterangan kepada Gubernur Anies Baswedan terkait penanganan banjir. Anies dinilai tidak serius menangani banjir di Ibu Kota.

    “Interpelasi ini kami ambil sebagai jalan konstitusional terakhir," kata Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Justin Untayana secara daring, Kamis, 25 Februari 2021.






    PSI mengkritisi masterplan penanggulangan banjir Ibu Kota yang tidak jelas dan ketidakseriusan pembebasan lahan normalisasi. PSI juga mencecar normalisasi atau naturalisasi sungai yang sempat mandek dan baru kembali ramai dibahas saat banjir terjadi.

    "Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkesan abai dalam pencegahan banjir. Akibatnya, rakyat yang menderita," kata dia.

    Apalagi, Anies sudah menjabat 3,5 tahun tapi justru mendorong revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. PSI menuding pemerintah Anies menghapus proyek normalisasi. Hal ini dianggap preseden buruk untuk periode pemerintahan berikutnya.

    Baca: Sindir PSI Tuding Normalisasi Dihapus, Riza: Baca Lebih Teliti

    PSI juga menyoroti pembebasan lahan yang menjadi penghambat besar. Pasalnya, pembebasan 118 lahan untuk normalisasi sungai senilai Rp160 miliar dibatalkan pada Anggaran Perubahan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019.

    Saat pembahan APBD Perubahan 2019, Pemprov DKI tidak bersedia mencairkan anggaran normalisasi dengan alasan defisit. Namun, anggaran commitment fee Formula-E sebesar Rp560 miliar keluar pada Desember 2019 dan Februari 2020.

    "Bertahun-tahun anggaran banjir tidak menjadi prioritas sama sekali," tutur Justin.

    Baca: Kadis SDA DKI Didesak Segera Lanjutkan Normalisasi

    PSI menilai Anies hanya membicarakan tentang penyebab banjir dan evakuasi korban banjir. Anies kerap menjelaskan penyebab banjir di beberapa wilayah, namun tak memiliki program untuk mencegah banjir terjadi.

    PSI mengaku telah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah dengan partai lain mendapatkan dukungan minimal 15 anggota DPRD DKI. Ia yakin sejumlah fraksi tak puas dengan kinerja penanganan banjir yang disusun Anies.

    "Hak interpelasi ini kami gulirkan demi kemanusiaan dan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta," tegas dia.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id