Angka Stunting Meningkat, TKD Lurah dan Camat Terancam Dipotong

    Christian - 01 Februari 2021 00:27 WIB
    Angka Stunting Meningkat, TKD Lurah dan Camat Terancam Dipotong
    Ilustrasi stunting. Dok. MI



    Jakarta: Lurah dan camat di Jakarta Pusat harus menurunkan angka stunting di wilayahnya. Tunjangan kinerja daerah (TKD) mereka terancam dipotong bila gagal menangani permasalahan stunting dengan benar.

    "Kalau lurah dan camat tidak bisa mengurus stunting, key performance indicator (KPI) poinnya akan berkurang. Dan, itu berpengaruh pada TKD mereka," ujar pelaksana harian (plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Minggu, 31 Januari 2021.

     



    Irwandi mengatakan lurah dan camat yang tidak bisa membereskan masalah stunting berarti tidak perhatian terhadap warganya. Dia berharap lurah dan camat mampu segera membereskan masalah stunting.

    "Coba itu lihat dari tujuh kelurahan yang ada di Kecamatan Tanah Abang, semuanya terdapat stunting. Sangat tinggi sekali itu di Tanah Abang," kata Irwandi.

    Irwandi menjelaskan kasus stunting berada di Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil), Gelora, Kampung Bali, Karet Tengsin, Kebon Melati, dan Petamburan. Kasus stunting juga terdapat di kelurahan Johar Baru dan Kampung Lama, Kecamatan Johar Baru.

    "Kalau Sawah Besar hanya ada di Kelurahan Karang Anyar, dan Kecamatan Cempaka Putih berada di Kelurahan Cempaka Putih Barat," ujar dia.

    Baca: Cegah Stunting, Sudinkes Jakpus Gencar Edukasi ke Ibu Hamil

    Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat terus mengedukasi tentang pencegahan stunting kepada ibu hamil. Pencegahan stunting dapat dimulai pada 1.000 hari pertama kehamilan.

    "Pada intinya kita berikan edukasi dan memberikan tablet obat tambah darah sejak kehamilan dan pemberian asupan gizi," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari, saat dihubungi, Jumat, 29 Januari 2021.


    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id