Guru dan Veteran DKI Bebas PBB

    Nur Azizah - 23 April 2019 14:43 WIB
    Guru dan Veteran DKI Bebas PBB
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji membebaskan pajak bumi dan bangunan untuk seluruh guru di Ibu Kota. Tak hanya guru, kebijakan ini juga akan berlaku untuk veteran, pensiunan pegawai negeri sipil (PNS), mantan presiden hingga wakil presiden.

    "Kita juga akan bebaskan beban PBB untuk pensiunan guru, purnawirawan TNI-Polri, pahlawan, perintis kemerdekaan, sampai penerima bintang kehormatan dari Presiden," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 23 April 2019.

    Menurut dia, pembebasan PBB kepada mereka sebagai tanda jasa. Pembebasan PBB ini berlaku sampai dua hingga tiga generasi."Kalau perintis kemerdekaan, pahlawan kemerdekaan, dan veteran sampai tiga generasi. Kalau guru sampai dua generasi.”

    Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudyaaan (Mendikbud) ini menjelaskan penggratisan PBB hanya berlaku pada rumah pertama. Rumah kedua mereka tetap dikenakan pajak.

    "Hanya untuk rumah pertama yang ditinggali yang dihapuskan," tambah Anies.

    Sebelumnya, kabar Anies akan menghentikan kebijakan penghapusan PBB dengan nilai jual objek pajak (NJOP) di bawah Rp1 miliar ramai di publik. Hal ini terlihat dari revisi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 38 Tahun 2019 tentang Pembebasan PBB-Pedesaan dan Perkotaan (PBB-PP).

    Baca: Anies Cabut Kebijakan PBB Gratis Kreasi Ahok

    Dalam pergub baru, Pasal 4A menyebutkan pembebasan PBB-PP hanya berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2019. Namun, Anies langsung membantah yang mengatakan dirinya akan mengenakan pajak untuk NJOP di bawah Rp1 miliar.

    "Aturan Pergub memang dibuat setiap tahun. Kalau isi (pergub terdapat tulisan) berlaku hingga 2019, bukan berarti tahun 2020 akan dikenakan pajak. Bisa saja akan ditambah cakupannya," pungkas dia.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id