PSI Pesimistis Anies Bisa Tata PKL di Trotoar

    Insi Nantika Jelita - 27 Januari 2020 09:35 WIB
    PSI Pesimistis Anies Bisa Tata PKL di Trotoar
    rotoar di Jalan Sulaiman, Rawa Belong, Jakbar yang dipenuhi pedagang kaki lima (PKL) dan tempat parkir liar. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
    Jakarta: Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI Eneng Malianasari pesimistis Gubernur Anies Baswesan bisa menata pedagang kaki lima (PKL) di trotoar. Tak jarang trotoar beralih fungsi jadi pasar saat PKL diizinkan berjualan.

    Ruang pejalan kaki sangat terbatas. Pedestrian terpaksa berjalan di jalan raya sehingga membahayakan keselamatan.

    "Saya pesimistis pelaksanaannya bisa optimal. Selama ini, trotoar yang ada PKL selalu terlihat semrawut. Ini menunjukkan pengaturan apa pun akan sulit menertibkan PKL,” terang Mili, Eneng, melalui keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.

    Pemprov DKI sempat menjelaskan PKL hanya diizinkan berjualan di trotoar yang lebarnya lima. Jam operasional juga sudah ditentukan. Namun, dia melihat aturan hanya tinggal aturan.

    Kritik ini bukan karena ia tak mendukung pengembangan usaha kecil. Dia menilai kebijakan Anies ini justru membuat nasib pelaku usaha terancam dijerat hukum.

    “Dalam UU Nomir 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkatan Jalan, pasal 274 dan 275, memberi ancaman pidana dan sanksi ke pihak yang menggunakan trotoar untuk keperluan pribadi sehingga menganggu pejalan kaki,” jelas Mili.

    Aspek perlindungan hukum perlu jadi perhatian pemerintah. Dia ingin Anies dan jajarannya merumuskan kebijakan substantif mendorong perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), bukan sekadar terlihat prorakyat kecil.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum rampung menyusun Peraturan Gubernur (Pergub) terkait PKL. Pergub akan mengatur keberadaan PKL di trotoar Jakarta.
     
    "Pergub ini lagi dikoreksi," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 17 Januari 2020.





    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id