Jakarta Utara Bersiap Hadapi Banjir

    Yurike Budiman - 12 Desember 2019 18:08 WIB
    Jakarta Utara Bersiap Hadapi Banjir
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menekankan upaya pencegahan untuk menghindari banjir. Salah satu contohnya dengan gotong-royong membersihkan saluran air.

    "Agar aliran air lancar dan tidak menyebabkan genangan. Kita memastikan bahwa seluruh fungsi, baik itu peralatan maupun personel dalam kondisi siap," kata Sigit di kawasan pengelolaan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF), Tanjung Priok, Kamis, 12 Desember 2019.

    Menurut dia, kolaborasi petugas dan elemen masyarakat amat diperlukan. Pasalnya, pihaknya harus memberikan respons cepat setiap ada laporan bencana.

    Sigit menggandeng pihak berkepentingan dari tingkat RT hingga Dewan Kota, lembaga musyawarah kelurahan (LMK), dan forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) demi mencegah banjir. Organisasi masyarakat (ormas), TNI, dan Polri juga dilibatkan.

    "Ketenangan petugas dan elemen masyarakat diperlukan agar setiap penanganan bencana terselesaikan dengan baik," ungkap Sigit.

    Ia mengingatkan agar setiap penanganan bencana sesuai standar operasional prosedur (SOP). Camat, lurah, hingga seluruh elemen masyarakat diimbau rutin memantau wilayahnya masing-masing.

    "Kita melaksanakan pemantauan dan pengamatan mana tali-tali air atau saluran penghubung yang belum optimal untuk kemudian teman-teman dari sektor Suku Dinas Sumber Daya Air melakukan penyelesaian atau perbaikan," jelas dia.

    Seluruh posko siaga banjir di wilayah Jakarta Utara juga sudah diaktifkan sebagai bentuk antisipasi jelang musim hujan. SOP untuk mengantisipasi genangan dan banjir di musim hujan bakal dijalankan.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id