Jakarta Siap Menghadapi Banjir

    Cindy - 02 November 2019 21:14 WIB
    Jakarta Siap Menghadapi Banjir
    Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
    Jakarta: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengaku sudah siap mengantisipasi musim penghujan sejak sebulan lalu. Antisipasi mulai dari personel yang diterjunkan, penyiagakan alat berat dan kendaraan pengangkut sampah. 

    "Karyawan hampir 4 ribu lebih semuanya kalau sedang musim penghujan kapanpun diminta sudah siap," kata Ketua UPK Badan Air DLH Yayat Supriantna saat dihubungi, Sabtu, 2 November 2019. 

    Para personel DLH tersebut bertugas memantau pintu air dan mengangkut sampah. Mereka akan melakukan piket bergilir yang dinamakan piket siaga musim penghujan. 

    Pemantauan diatur tiga lapis. Pertama, memonitor ketinggian air di Bendungan Katulampa, Bogor. Kemudian pemantauan di titik nol Sungai Ciliwung, Jakarta. Terakhir memonitor tiap pintu air yang ada di Jakarta, khususnya Pintu Air (PA) Manggarai. 

    "Sementara ini titik sampah berkumpul di PA Manggarai. Dan rata-rata satu PA ada empat personel. Nantinya mereka akan menginformasikan ke DLH terkait ketinggian air dan sampah banyak," ucap Yayat. 

    Di setiap pintu air, lanjutnya, disiagakan alat berat atau ekskavator untuk pengambilan sampah. Yayat mencontohkan di PA Manggarai sudah disiapkan empat ekskavator. 

    "Jadi tergantung kebutuhan. Karena kita ada 133 alat berat, itu semua siaga. Tetapi dimana diperlukan mereka on the way," terang Yayat. 

    Yayat menuturkan sebanyak 45 kendaraan pengangkut sampah juga disiagakan. Seluruh kesiapan ini untuk mengantisipasi banjir di Ibukota. 

    "Jangan sampai ada efek bendung di sungai, kalau sudah ada efek bendung maka ada titik-titik pemukiman yang kebanjiran. Sudah kami siapsiagakan dan terkoordinir," tutupnya.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id