Ketua DPRD DKI Konsisten Menolak Penjualan Saham Bir

    Cindy - 23 Juni 2020 21:14 WIB
    Ketua DPRD DKI Konsisten Menolak Penjualan Saham Bir
    Ilustrasi/Istimewa.
    Jakarta: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menegaskan tidak akan menyetujui penjualan saham bir, PT Delta Djakarta Tbk. Menurut dia, rencana penjualan saham oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tak tepat.

    "Selama saya masih ketua DPRD enggak akan saya jual itu. PT Delta Djakarta Tbk tuh enggak ada salahnya," kata Prasetyo dalam rapat bersama Komisi B DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juni 2020.

    Prasetyo menyebut kepemilikan saham produsen bir Anker merupakan upaya pemerintah mengendalikan peredaran minuman keras di masyarakat. Bila dilepas begitu saja maka akan sulit bagi pemerintah menahan laju peredaran.

    Baca: Delta Djakarta Sebar Dividen Rp382,7 Miliar

    "Kita tidak bisa ngukur sampai sejauh mana dari atas sampai ke bawah orang minum. Karena (bir) Bintang pada saat itu berjaya, tidak bisa masuk pemerintah. Lalu keluarlah PT Delta itu," ucap Prasetyo.

    Dia menyebut Pemerintah Provinsi DKI akan merugi jika menjual saham bir saat pandemi covid-19. Sebab harga penjualan dinilai tak rasional.

    "Ini enggak salah mau dijual? Penjualannya pun tidak rasional. Mohon izin, Rp 1 triliun? Itu udah Tbk loh. Apa mau kita jadi bodoh lagi, kan enggak boleh gitu," tegasnya.

    Pemprov DKI memiliki saham sebesar 26,25 persen di PT Delta Djakarta Tbk. Sebanyak 58,33 persen dimiliki oleh San Miguel Malaysia dan sisanya oleh masyarakat.

    PT Delta Djakarta Tbk telah menjadi penyumbang dividen kedua terbesar senilai Rp 100,4 miliar ke komponen Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan dalam APBD 2019 DKI Jakarta. Sementara penyumbang dividen pertama dengan nilai saham 99,98 persen yakni PT Bank DKI sebanyak Rp240 miliar.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id