Pemprov DKI Akan Desinfeksi Sejumlah Jalan Besar

    Sri Yanti Nainggolan - 21 Maret 2020 22:35 WIB
    Pemprov DKI Akan Desinfeksi Sejumlah Jalan Besar
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan desinfeksi di beberapa wilayah kota, Minggu, 22 Maret 2020. Kegiatan ini sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus korona (covid-19).

    Desinfeksi mengerahkan personel Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Perhubungan, PPSU, serta dukungan satuan TNI dan Polri.

    "Desinfeksi ini akan digelar serentak di lima wilayah kota pada hari Minggu mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah melalui keterangan tertulis, Sabtu, 21 Maret 2020.

    Desinfeksi di Jakarta Pusat dimulai dari patung kuda kencana Thamrin sampai dengan Taman Budaya Dukuh Atas. Termasuk Stasiun kereta api Sudirman, Stasiun Bandara BNI, Gambir dan Senen.

    Baca: Mengenal Disinfeksi untuk Membunuh Mikroorganisme

    Ratusan personel gabungan dikerahkan untuk melakukan desinfeksi pada sejumlah lokasi dan ruas jalan di Jakarta Pusat yang kerap dikunjungi publik. Penutupan ruas jalan sementara dilakukan selama masa penyemprotan.

    Belasan armada road swepper milik Dinas Lingkungan Hidup serta mobil tangki Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan serta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota akan dikerahkan untuk mensterilkan area tersebut. Disinfektan akan disemprotkan pada sejumlah trotoar, ruas jalan, jembatan penyebrangan orang dan halte

    "Petugas Satpol PP dan PPSU akan membantu membersihkan prasarana dan sarana yang sering disentuh publik," kata dia.

    Pemprov DKI Akan Desinfeksi Sejumlah Jalan Besar
    Ilustrasi Medcom.id

    Desinfeksi di area lain akan dipimpin oleh wali kota masing-masing. Daerah desinfeksi Jakarta Selatan meliputi Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Antasari, Jalan TB Simatupang, Jalan RA Kartini, Pasar Jumat, dan Jalan Sisingamangaraja SMK 29 Kebayoran Baru.

    Area desinfeksi Jakarta Barat  meliputi Jalan S Parman, Jalan Daan Mogot, Jalan Kyai Tapa, Jalan Raya Tomang, dan Jalan Latumenten.

    Desinfeksi di Jakarta Utara meliputi Jalan Yos Sudarso, Jalan Raya Kelapa Gading, Jalan Perintis kemerdekaan, dan Jalan Plumpang.

    Desinfeksi Jakarta Timur sepanjang Jalan Raya Bogor sampai dengan perbatasan, Jalan Dewi Sartika, Jalan Otista Raya, Jalan Matraman Raya, Jalan Pramuka, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan DI Panjaitan.

    Kegiatan tersebut akan melibatkan 100 petugas pemadam kebakaran di masing-masing wilayah kota. Beberapa alat pendukung disediakan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan seperti backpack untuk masing-masing personel, mobil pompa 4000 liter, mobil pompa 10.000 liter, motor pompa, motor URC, dan alat pelindung diri sesuai standar.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id