Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Warga Diimbau Belanja Daring

    Achmad Zulfikar Fazli - 04 Mei 2021 13:01 WIB
    Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Warga Diimbau Belanja Daring
    Ilustrasi belanja secara daring - - Foto: Medcom



    Jakarta: Masyarakat diimbau berbelanja secara daring untuk menghindari kerumunan, seperti yang terjadi di Pasar Tanah Abang. Penularan covid-19 dikhawatirkan terjadi bila masyarakat tidak menghindari kerumunan.

    "Kita mengharapkan warga untuk bijak. Meskipun THR (tunjangan hari raya) sudah cair dan berbelanja jelang lebaran adalah tradisi tiap tahun, namun penularan covid-19 juga masih mengkhawatirkan. Solusinya, tidak usah ke pasar, cukup berbelanja menggunakan teknologi saja, semua sudah tersedia sekarang di marketplace,” ujar Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan, melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.






    Gunawan mengingatkan penularan covid-19 yang masif seperti di India dapat terjadi apabila masyarakat tetap berkerumun tanpa menjalankan protokol kesehatan. Dia meminta masyarakat tak perlu lagi berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan lantaran dilarang mudik.

    “Meskipun dilarang mudik, bukan berarti dilampiaskan dengan ramai-ramai datang ke pasar. Justru itu sama berbahayanya. Sebaiknya kita bijak, memilih diam di rumah, menghabiskan THR bisa dengan belanja daring, tanpa harus berdesak-desakan di pasar,” ujar Gunawan.

    Baca: Arus Lalu Lintas Pasar Tanah Abang Dialihkan Hingga Lebaran

    Jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang membeludak dalam beberapa waktu terakhir. Pada Jumat, 30 April 2021, pengunjung Pasar Tanah Abang mencapai 35 ribu orang. Jumlah itu meningkat menjadi 87 ribu orang pada Sabtu, 1 Mei 2021.

    Kondisi ini memunculkan kekhawatiran akan meningkatnya kasus covid-19. Akses menuju Pasar Tanah Abang di sejumlah titik terpaksa ditutup polisi. Hal ini demi mencegah bertambahnya pengunjung ke Pasar Tanah Abang.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id