Wagub DKI Imbau Warga Ibadah di Rumah

    Kautsar Widya Prabowo - 17 Juni 2021 08:37 WIB
    Wagub DKI Imbau Warga Ibadah di Rumah
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza. DOK Istimewa



    Jakarta: Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengimbau warga beribadah di rumah. Sebab, kasus penyebaran covid-19 terus meningkat di Ibu Kota.

    "Beribadah itu kan tidak mesti harus di tempat rumah ibadah, bisa dilakukan di rumah masing-masing, kita imbau ibadah di rumah masing-masing atau di kantor masing-masing," ujar Ariza di Balai Kota Jakarta, Rabu, 16 Juni 2021.

     



    Masyarakat juga dapat beribadah di lingkungan terdekat. Hal itu untuk mencegah mobilitas massa yang berpotensi menyebarkan covid-19.

    "Supaya tidak terjadi interaksi yang jauh, beribadah di tempat terdekat kita berada, bagi yang harus ke masjid, musala, gereja, dan sebagainya," tutur dia.

    Politikus Gerindra itu meminta Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di setiap wilayah mengawasi aktivitas di tempat ibadah. Terutama memantau penerapan protokol kesehatan.

    (Baca: Kasus Covid-19 Meroket, Kegiatan di Rumah Ibadah Dibatasi)

    Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan ketentuan pembatasan kegiatan di rumah ibadah. Ketentuan tersebut menyikapi peningkatan kasus covid-19.

    Ketentuan tercantum dalam Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah. Umat beragama diharapkan tetap menjalankan aktivitas ibadah sesuai kondisi terkini di wilayahnya.

    "Saya telah menerbitkan surat edaran, sebagai panduan upaya pencegahan, pengendalian, dan pemutusan mata-rantai penyebaran covid-19 di rumah ibadah," ujar Yaqut di Jakarta, Rabu, 16 Juni 2021.

    Kegiatan yang ditiadakan sementara, yaitu pengajian umum, pertemuan, dan pesta pernikahan. Penetapan perubahan wilayah zona dilakukan pemerintah daerah masing-masing.  

    "Dan (kegiatan) sejenisnya yang dilakukan di ruang serbaguna lingkungan rumah ibadah juga dihentikan sementara di daerah zona merah dan oranye sampai dengan kondisi memungkinkan," papar dia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id