comscore

Kisah Ramma, Bayi LIma Bulan dengan Sejumlah Penyakit Berat

MetroTV - 24 September 2021 17:56 WIB
Kisah Ramma, Bayi LIma Bulan dengan Sejumlah Penyakit Berat
Ramma, bayi lima bulan dengan berbagai penyakit. Metro TV
Jakarta: Seorang bayi bernama Ramma di Subang, Jawa Barat, didiagnosis sejumlah gangguan kesehatan. Sang ibu, Ika Kartika, pun membawa anaknya yang berusia lima bulan itu ke rumah sakit (RS) di Jakarta untuk mendapat pengobatan. 

Ramma mengalami empat penyakit berat. Sudah hampir satu bulan, ibu dan nenek Ramma tinggal di rumah singgah di daerah Jakarta Barat.

 



"Ramma ini tidak hanya didiagnosa bocor jantung, dia juga ada infeksi paru-paru, serta ada kelainan down syndrome, serta gizi buruk,” jelas Ika dalam tayangan Newsline di Metro TV, Jumat, 24 September 2021.

Ika mengatakan Ramma baru saja menjalani operasi untuk kebocoran di jantungnya pada Kamis, 16 September 2021 lalu. Selama masa penyembuhan pascaoperasi, Ramma masih harus melakukan beberapa pemeriksaan. 

Selain itu, Ramma masih harus menjalani perawatan untuk gangguan down syndrome yang dideritanya.

"Kondisi jantung rama sudah dilakukan operasi, istilahnya sudah tertangani. Namun, masih ada rangkaian pemeriksaan di down syndromenya karena tumbuh kembangnya yang sangat lambat," tutur Ika.

Baca: Musim Pancaroba Bikin Gampang Sakit, Yuk Lakukan 3 Hal Ini Biar Tetap Fit

Ramma didiagnosa mengalami kebocoran jantung sejak usia tiga bulan. Awalnya, Ramma mengalami sesak napas yang cukup parah dan juga panas yang cukup tinggi. 

Ramma kemudian dibawa ke salah satu RS di Purwakarta, Jawa Barat, dan mendapatkan perawatan selama enam hari. Kondisi Ramma tidak kunjung membaik hingga harus dipindahkan ke RS lainnya di Purwakarta. 

Ramma sempat kritis dan mendapatkan perawatan selama tujuh hari. Kemudian, dia dirujuk ke RS di Jakarta.

"Ketika dilakukan pemeriksaan ulang diketahui kebocoran jantung Ramma hingga 8 mm, tujuh hari di sana tidak juga ada perubahan dan dokter menyarankan membawa Ramma ke Jakarta," lanjut Ika.

Ika berharap anaknya bisa sembuh dan menjalani kehidupan layaknya anak lainnya. Ramma masih harus melakukan perawatan untuk down syndromenya yang memakan biaya hingga ratusan juta. 

Bagi Anda yang tergerak untuk membantu meringangkan beban Ika, bisa memberikan donasi untuk Ramma dapat melalui link ini. (Widya Finola Ifani Putri) 

Tayangan lengkapnya dapat ditonton di sini

(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id