Kendaraan Pelat Hitam Pakai Rotator dan Sirine Bakal Ditindak

    Siti Yona Hukmana - 20 September 2021 11:51 WIB
    Kendaraan Pelat Hitam Pakai Rotator dan Sirine Bakal Ditindak
    Ilustrasi rotator dan sirine/Medcom.id



    Jakarta: Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2021 selama 14 hari mulai 20 September-3 Oktober 2021. Salah satu target operasi yakni kendaraan pelat hitam pengguna rotator dan sirine

    "Penggunaan rotator dan sirine yang tidak sesuai aturan (akan ditindak)," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 20 September 2021. 

     



    Baca: Polda Metro Gelar Operasi Patuh Jaya, Razia Kendaraan dan Prokes

    Sambodo menyebut masih banyak menemukan kendaraan pelat hitam yang menggunakan rotator dan sirine di Ibu Kota. Padahal, hanya ada tujuh golongan dengan hak pengguna rotator dan sirine di jalan sesuai Udang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). 

    Rinciannya tiga kelompok pengguna rotator. Terdiri atas rotator warna biru untuk Polri dan TNI, merah untuk darurat pemadam kebakaran dan ambulans, kuning untuk pekerjaan umum dan angkutan berat

    "Di luar itu enggak boleh. Jadi, kalau ada kendaraan pelat hitam menggunakan rotator itu langgar aturan. Apabila ada kendaraan pelat hitam apa pun pelatnya berarti itu mobil pribadi dan tidak boleh menggunakan sirine dan rorator dan akan kami tertibkan," tegas Sambodo. 

    Operasi Patuh Jaya 2021 melibatkan 3.070 personel yang terdiri atas 1.391 personel satuan tugas daerah (satgasda) dan 1.679 personel satuan tugas resor (satgasres). Ribuan personel itu berpatroli di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya. 


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id