Nurmansyah Bakal Manfaatkan Sawah Buat RTH

    Kautsar Widya Prabowo - 26 Januari 2020 15:03 WIB
    Nurmansyah Bakal Manfaatkan Sawah Buat RTH
    Ilustrasi ruang terbuka hijau. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Nurmansyah Lubis (Ancah) akan berupaya mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebanyak 30 persen. Ia mengaku sudah mengantongi strategi pembuatan RTH di tengah padatnya gedung pancakar langit. 

    "Ada namanya sawah yang tidak boleh dijual, dibeli sama pemda jadi sawah abadi. Kan sawah berubah jadi rumah jadi masalah, (sawah) kita beli (untuk RTH)," ujar Nurmansyah di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Januari 2020.

    Ancah meminta masyarakat Jakarta turut berkontribusi mewujudkan RTH. Masyarakat secara mandiri dapat membuat RTH di rumah masing-masing.

    "Kita satu orang tanam satu pohon langka. Pemerintah DKI menyediakan pohon-pohon dan di perda bangunan itu perumahan itu seyogyanya punya minimal satu pohon ada," papar dia. 

    Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebut kurangnya RTH di Jakarta lantaran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bekerja seorang diri. "Kita bantuin (kalau) jadi wagub supaya  RTH-nya lebih banyak lagi," tutur dia. 

    Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menyebut RTH di Jakarta tidak cukup menggerus polusi udara. Lahan yang dijadikan RTH di Jakarta cuma sekitar 9,98 persen.

    Ibu Kota harus memiliki RTH hingga 30 persen. Sedangkan masterplan RTH Jakarta masih belum memiliki proyeksi yang jelas terkait penambahan lahan.




    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id