Bogor Pantau Sungai Ciliwung

    Candra Yuri Nuralam - 29 Oktober 2019 03:37 WIB
    Bogor Pantau Sungai Ciliwung
    Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat. Medcom.id/ Rizky Dewantara
    Jakarta: Memasuki musim hujan kota Bogor mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Ciliwung. Satgas itu akan membersihkan sampah yang menyumbat aliran sungai Ciliwung, Bogor untuk menghindari banjir.

    Wali Kota bogor, Bima Arya Sugiarto mengatakan pembersihan sungai Ciliwung sudah harus dilakukan sejak dini. Sungai Ciliwung tidak boleh sampai tersendat.

    "Risikonya mudah terjadi banjir dan longsor di Bogor (kalau tersendat)," kata Bima seperti dikutip dari Antara di Kota Bogor, Senin, 28 Oktober 2019.

    Bima mengatakan Satgas ini terdiri dari anggota TNI, Satpol PP, petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), dan komunitas Peduli Ciliwung.

    Sampah yang didapat usai pembersihan akan langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga, Bogor. Beberapa sampah akan diberikan untuk bank sampah untuk didaur ulang.

    "Bank-bank sampah ini tersebar di sejumlah lokasi," ujar Bima.

    Tidak hanya Bogor, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiapkan 4.000 personel mengantisipasi banjir. Personel bakal disiagakan 24 jam di sejumlah titik.
     
    "Kita memeriksa kesiapan personel, alat pelindung diri, dan armada," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih, kepada Medcom.id, Senin, 28 Oktober 2019.
     
    Andono menyebut ribuan personel itu termasuksatgas penanganan sampah. Sejumlah sungai bakal membawa timbunan sampah cukup banyak ketika musim penghujan, terutama di Sungai Ciliwung.

    Sampah terbawa dari ruas Sungai Ciliwung Jagakarsa menuju Sungai Ciliwung jembatan TB Simatupang, Sungai Ciliwung Kalibata, Sungai Ciluwung Kampung Pulo, Sungai Ciliwung Manggarai, Sungai Ciliwung BKB Petamburan, Sungai Ciliwung Season City, dan terakhir Sungai Ciliwung BKB Kalijodo menuju muara. Sementara titik lain aliran yang perlu diwaspadai ialah Sungai Pesanggarahan, Sungai Baru Barat dan Sungai Baru Timur.



    (EKO)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id