Agustus, Anies Rampungkan Pergub Sampah Plastik

    Theofilus Ifan Sucipto - 23 Juli 2019 07:43 WIB
    Agustus, Anies Rampungkan Pergub Sampah Plastik
    Ilustrasi. MI/Susanto
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan peraturan gubernur (Pergub) mengenai sampah plastik segera rampung. Pergub itu sudah dibahas sejak 2018.

    "Saat ini sudah pada fase final. Kita menempatkan persoalan sampah plastik sebagai bagian dari road map lengkap pengelolaan sampah di Jakarta," kata Anies di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin 22 Juli 2019.

    Anies mengatakan pembahasan road map tersebut cukup panjang. Pasalnya, pergub itu tidak hanya membahas plastik tapi juga pengelolaan sampah. Akibatnya, Pemprov DKI perlu waktu lebih lama dalam menuntaskan pergub plastik. 

    Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berharap pergub tersebut segera disahkan. Anies menargetkan pergub sampah plastik rampung bulan depan.

    "Mudah-mudahan awal Agustus. Insyaallah tidak lama lagi akan tuntas," ujar Anies. 

    Pembahasan pergub penggunaan dan pengelolaan sampah plastik telah disusun sejak 2018. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta kala itu, Isnawa Adji menyebut Pergub masih tahap penyempurnaan.

    "Ini kita lagi susun. Ini masih draft ya," kata Isnawa di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa 27 November 2018 lalu.

    Pergub itu, kata Isnawa, menekankan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Selain menjadi sampah terbanyak di jalanan dan selokan, penggunaan plastik dalam jangka panjang diyakini sangat berbahaya. 

    "Itu (plastik) tidak mudah terurai di tanah, berpotensi memberikan dampak kesehatan manusia karena mengandung karsinogen ya untuk kanker," tutur pria yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Jakarta Selatan itu. 



    (EKO)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id