Warga DKI Diminta Mengurus Kremasi Jenazah Covid-19 Secara Mandiri

    Kautsar Widya Prabowo - 19 Juli 2021 09:30 WIB
    Warga DKI Diminta Mengurus Kremasi Jenazah Covid-19 Secara Mandiri
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta mengatakan saat ini krematorium swasta tidak menerima kremasi jenazah covid-19. Masyarakat diminta mengurus kremasi di luar DKI.

    "Masyarakat yang ingin melakukan kremasi terhadap anggota keluarganya dapat dilakukan secara mandiri dan memastikan biaya langsung ke lokasi-lokasi kremasi swasta (luar DKI), bukan melalui oknum," ujar Kepala Distamhut DKI Suzi Marsitawati melalui keterangan tertulis, Minggu, 18 Juli 2021.

     



    Baca: RS Sentra Medika Cibinong Kebanjiran Permintaan Kremasi

    Suzi menjelaskan terdapat tiga lokasi kremasi di Jakarta yang tidak menerima jenazah covid-19. Ketiganya ialah Grand Heaven, Pluit; Daya Besar, Cilincing; dan Krematorium Hindu, Cilincing. Sedangkan, krematorium swasta yang menerima pasien covid-19 berada di luar Jakarta, seperti Oasis, Tangerang; Sentra Medika, Cibinong; dan Lestari, Kerawang. 

    "Melihat tingginya pelayanan pemakaman di Jakarta saat ini, maka petugas Palang Hitam tidak melayani pengantaran jenazah ke lokasi kremasi swasta di luar Jakarta," kata Suzi.

    Di sisi lain, Suzi menekankan pelayanan pemakaman untuk jenazah covid-19 dan noncovid-19 tidak dipungut biaya. Ia mengimbau masyarakat dapat mencatat nama dan mengambil foto wajah oknum petugas yang mengaku dari Distamhut DKI dan meminta uang. 

    "Kami sarankan juga kepada warga agar tidak berhubungan dengan calo untuk pelayanan mobil jenazah dan petak makam, karena pihak rumah sakit sudah secara otomatis menghubungi Distamhut DKI Jakarta. Jika warga meninggal di rumah, segera hubungi RT/RW dan Puskesmas Kecamatan," kata Suzi.


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id