Dishub DKI Akan Evaluasi Mudik Lebaran

    Theofilus Ifan Sucipto - 12 Juni 2019 07:21 WIB
    Dishub DKI Akan Evaluasi Mudik Lebaran
    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko. (Foto: Medcom,id/Theofilus Ifan)
    Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal mengevaluasi arus lalu lintas (lalin) selama mudik Lebaran. Evaluasi dilakukan setelah masa angkutan Lebaran berakhir.

    “Kamis, 13 Juni 2019 baru resmi selesai. Nanti ada evaluasi yang dilaksanakan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Juni 2019.

    Dia menjelaskan evaluasi yang dilakukan adalah menganalisis perbandingan jumlah kendaraan yang keluar Jakarta. Jumlah tersebut dihimpun dari mobilisasi kendaraan di tol Cikampek Utama (Cikatama).

    Evaluasi perlu dilakukan lantaran ada beberapa regulasi yang diterapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat mudik Lebaran tahun ini. Salah satunya adalah membatasi operasional kendaraan sumbu roda tiga.

    Sigit menyebut Dishub menunggu data angkutan Lebaran komplet. Saat ini, kata dia, data yang masuk di posko Dishub pusat baru mencapai sekitar 70 persen. 

    Baca juga: Kecelakaan Mudik Menurun, Korlantas Tetap Gelar Evaluasi

    PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 916.305 kendaraan kembali ke Jakarta sejak Jumat, 7 Juni hingga Senin, 10 Juni 2019. Ratusan kendaraan tersebut berasal dari arah timur, barat, dan selatan.
     
    Distribusi lalu lintas di ke tiga arah adalah sebesar 61 persen dari arah timur, 23 persen dari arah barat, dan 16 persen dari arah selatan.
     
    Kendaraan dari arah timur yang kembali ke arah Jakarta melalui dua gerbang tol (GT) yakni Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Tol Cipularang-Padaleunyi. 

    Di GT Cikampek Utama terdapat sebanyak 350.362 kendaraan yang melintas. Kemudian di GT Kalihurip Utama terdapat sebanyak 206.523 kendaraan.
     
    Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti mengatakan, pihaknya juga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Barat via GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang pada periode yang sama adalah sebesar 212.147 kendaraan.
     
    "Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/Lokal via GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi pada periode yang sama adalah sebesar 147.273 kendaraan," katanya.
     
    Dia mengungkap, total lalu lintas mudik sebesar 1,21 juta kendaraan sejak H-7 sampai H-1 Lebaran 2019. Saat ini, sebanyak 75 persen kendaraan telah kembali.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id