comscore

Dinkes DKI Telusuri Dugaan Pelecehaan Nakes Kepada Ibu Hamil

Kautsar Widya Prabowo - 06 Oktober 2021 16:55 WIB
Dinkes DKI Telusuri Dugaan Pelecehaan Nakes Kepada Ibu Hamil
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Sebuah video viral di media sosial terkait dugaan tenaga kesehatan (nakes) di salah satu puskesmas di Jakarta Barat, melontarkan pernyataan tidak pantas kepada wanita yang akan melahirkan. Kasus tersebut tengah ditelusuri Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

"Tim kami sedang turun lapangan untuk telusuri dan konfirmasi terhadap fakta lapangan yang terjadi," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI, Purwadi saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Oktober 2021.
Namun, Purwadi belum dapat memastikan oknum nakes tersebut berstatus pegawai negeri sipil (PNS) atau non PNS. Pihaknya akan menyampaikan secara rinci dugaan pelecehan tersebut setelah menerima hasil penelusuran dari jajarannya.

"Dalam konteks ini sebagai tenaga kesehatan yang tentunya dalam pelayanan standar perilaku dan disiplinnya yang harus kita sama-sama kawal dan tegakan," kata dia.

Dia menyebut hasil investigasi tersebut juga menjadi dasar Dinkes akan memberikan sanksi tegas kepada oknum nakes terkait. Sanksi terberat yang akan diterima ialah pencabutan surat tanda registrasi (STR) nakes.

"Tetap akan melakukan penegakan disiplin pegawai termasuk kepada tenaga kesehatan dengan standar kompetensi yang ada termasuk terkait dengan aspek etiknya," kata dia.

Kejadian pelecehan oleh nakes itu diceritakan akun Tiktok @stevfanywijjaya. Wanita pengunggah video yang mengaku saudara ibu hamil itu mengungkap awal kejadian tidak menyenangkan.

Dia hendak mengantarkan saudaranya untuk mengecek kondisi kesehatan jelang melahirkan. Sayangnya, ketika sampai di puskesmas dia dan saudaranya justru diperlakukan kurang sopan oleh oknum nakes.

"Tenaga-tenaga medis tersebut mengatakan seperti ini 'kalau tidak ada suami tidak bisa pakai BPJS, kalau ada suami baru bisa pakai BPJS', dengan nada ketus," tulis @stevfanywijjaya dikutip dari video.

Baca: Viral Nakes Diduga Lecehkan Ibu Hamil, Pernyataan Nakes Bikin Sakit Hati

Dia merasa perkataan nakes itu seolah-olah mengecap negatif saudaranya yang datang tidak ditemani suami. Bahkan, para nakes itu terus melontarkan kata-kata tidak pantas saat pasien sedang berkontraksi.

"Langsung seperti di-judge kalau dia bukan wanita baik-baik. Bidan tersebut bisa-bisanya menyerang saudara saya yang sedang mules-mules dan nangis-nangis merintis kesakitan dengan pertanyaan 'sudah berhubungan sama berapa cowok bu?' Pantaskah?" kata dia.

Dia menceritakan pelecehan terhadap saudaranya tidak hanya dilakukan oleh satu nakes. Namun, ada 3-5 nakes yang menyampaikan kata-kata tidak pantas pada pasien.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id