Pemprov DKI Siapkan Pengungsian Menghadapi La Nina

    Kautsar Widya Prabowo - 20 Oktober 2020 07:14 WIB
    Pemprov DKI Siapkan Pengungsian Menghadapi La Nina
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Istimewa
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyiapkan pengungsian untuk menampung korban banjir akibat fenomena iklim La Nina. Tempat pengungsian dipastikan tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan covid-19.

    "Sekarang ada pandemi covid-19, kita harus menyiapkan pengungsian yang sesuai protokol kesehatan," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 19 Oktober 2020.

    Riza mengatakan tempat pengungsian yang akan disiapkan lebih besar dari sebelum pandemi covid-19. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci kapasitas tempat pengungsian tersebut.

    Pemprov DKI juga terus membersihkan saluran air di permukiman yang rawan terjadi banjir. Pembuatan drainase vertikal dan lubang resapan biopori juga dilakukan.

    "Kita akan menertibkan perumahan-perumahan yang melanggar ketentuan yang dapat menyebabkan banjir," tuturnya.

    Baca: BNPB Terbitkan Surat Edaran Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

    Riza menyampaikan upaya mencegah dampak fenomena La Nina perlu keterlibatan masyarakat. Terutama, dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

    "Kita minta semua jajaran dari provinsi sampai RT, RW terlibat. Ini adalah musibah atau bencana yang dari tahun ke tahun meningkat," jelasnya.

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sebagian besar wilayah Indonesia telah mengalami curah hujan tinggi. Hal ini diakibatkan adanya fenomena iklim La Nina.

    "La Nina ini di wilayah Indonesia terdampak umumnya mencapai 40 persen dari curah hujan normal," ujar Kepala BMKG Dwikorita Kurniawati dalam diskusi virtual, Minggu, 10 Oktober 2020

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id