Pemprov DKI Terima 2.256 Surat Izin Keluar Masuk Jakarta

    Cindy - 22 Mei 2020 10:02 WIB
    Pemprov DKI Terima 2.256 Surat Izin Keluar Masuk Jakarta
    Pelang tanda check point pengawasan pelaksanaan PSBB ditempatkan di Jalan Ciledug Raya, Jakarta, Kamis, 23 April 2020. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
    Jakarta: Sebanyak 77.894 orang telah mengakses perizinan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta. Namun, tak semua diterima.

    "Dari total tersebut, hanya 2.256 permohonan SIKM yang diterima," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra lewat keterangan tertulis, Jumat, 22 Mei 2020.

    Benni mengatakan sebanyak 860 dari 2.256 permohonan baru diajukan hari ini. DPMPTSP DKI Jakarta masih meneliti administrasi dan teknis permohonan terhadap perizinan tersebut.

    Sementara itu, sebanyak 301 permohonan tengah menunggu validasi penanggung jawab. Kemudian, sebanyak 976 permohonan tidak disetujui dan 119 telah SIKM diterbitkan.

    "119 permohonan dinyatakan telah memenuhi persyaratan sehingga SIKM dapat diterbitkan secara elektronik," ujar Benni.

    Baca: DKI Sudah Terbitkan 50 Surat Izin Keluar Masuk

    Benni menyampaikan penyelesaian permohonan perizinan tergantung dari lamanya validasi penanggung jawab dan kelengkapan berkas persyaratan. Waktu penyelesaian permohonan SIKM biasanya hanya satu hari kerja bila datanya benar dan lengkap.

    Benni menuturkan rata-rata waktu yang diperlukan penanggung jawab melakukan validasi perizinan SIKM hanya lima jam. Penanggung jawab yang tidak melakukan validasi lebih dari 3x24 jam otomatis permohonan perizinannya dibatalkan.

    "Permohonan yang ditolak karena pemohon tak bisa memenuhi ketentuan proses verifikasi. Salah satunya, kegiatan perjalanan pemohon tidak termasuk dalam bidang pekerjaan di 11 sektor yang diizinkan selama pandemi covid-19," ucapnya.

    Pemprov DKI Terima 2.256 Surat Izin Keluar Masuk Jakarta

    Benni menekankan pemberian izin akan mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Keluar Masuk Jakarta. SIKM hanya diberikan kepada pelaku usaha yang bepergian karena keperluan mendesak, atau pekerja yang tugas dan bidang pekerjaannya termasuk dalam 11 sektor yang diizinkan beroperasi.

    Benni memastikan seluruh proses verifikasi penelitian administrasi dan teknis permohonan perizinan maupun nonperizinan dilakukan sesuai peraturan yang berlaku. “Melalui komitmen amanah, dedikasi sepenuh hati, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta senantiasa menghadirkan pelayanan publik yang prima di Jakarta,” ujar Benni.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id