Izin Keluar Masuk Jakarta Berbasis Daring

    Cindy - 15 Mei 2020 19:02 WIB
    Izin Keluar Masuk Jakarta Berbasis Daring
    Ilustrasi Jakarta. Medcom.id/Nur Azizah
    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan tidak akan memberi izin keluar masuk Jakarta kecuali kepada pekerja di sektor yang diizinkan. Tak ada proses tatap muka dalam pemberian izin.

    "Semua pengecekan atas perizinan bagi orang-orang yang dikecualikan dikerjakan secara sistem online," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Mei 2020.

    Baca: Anies Keluarkan Pergub Larangan Keluar Masuk Jakarta
     
    Dia menjelaskan masyarakat yang telah mengurus izin akan mendapatkan surat izin dengan QR Code di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan surat izin.

    "Jadi petugas di lapangan tinggal scan QR Code-nya, nanti akan bisa memastikan bahwa informasi benar," ucap Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

    Anies menegaskan hanya izin dari Pemprov DKI yang akan diakui oleh petugas di lapangan. Di luar izin itu, warga tetap tidak diperbolehkan masuk ataupun ke luar Jakarta.  

    Masyarakat Bodetabek yang ingin masuk wilayah Ibu Kota juga harus melewati proses perizinan. Tanpa adanya surat izin masuk, mereka akan diminta putar balik. Pengawasan di pos-pos masuk Jakarta akan dilakukan bersama dengan Korps Bhayangkara.  

    "Dan kalaupun mereka memiliki persyaratan yang dibutuhkan, tetap ada proses karantina terlebih dahulu," imbuh Anies.

    Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan atau Masuk Provinsi DKI Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Korona (Covid-19). Warga Ibukota dilarang bepergian keluar kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mengendalikan penyebaran virus korona.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id