Kurangi Kerumunan, Lalu Lintas dan Operasional Pasar Tanah Abang Dimodifikasi

    Rendy Renuki H - 04 Mei 2021 12:00 WIB
    Kurangi Kerumunan, Lalu Lintas dan Operasional Pasar Tanah Abang Dimodifikasi
    Suasana salah satu sudut Pasar Tanah Abang (MI/Ramdani)



    Jakarta: Arus lalu lintas Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dialihkan hingga Lebaran 2021. Pengalihan arus tersebut sebagai antisipasi mengurangi kerumunan pengunjung di masa pandemi Covid-19.

    "Kita lakukan rekayasa penutupan dan pengalihan arus di kawasan Tanah Abang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Senin, 3 Mei 2021.






    Sejumlah titik lokasi akan terimbas saat pengalihan arus lalu lintas diberlakukan. Salah satunya akses di Petamburan ke arah Tanah Abang.
     
    "Titik-titik yang ditutup antara lain Bongkaran, Petamburan arah Tanah Abang, Layang Jatibaru, Tanah Abang Blok G," ungkap Sambodo.

    Namun, penerapan pengalihan arus lalu lintas tidak diberlakukan 24 jam. Dirlantas Polda akan menerapkan buka-tutup jalan di Pasar Tanah Abang sesuai dengan kepadatan lalu lintas. 

    Sebelumnya, kerumunan besar terjadi di Pasar Tanah Abang akhir pekan lalu. Video masyarakat yang berbelanja kebutuhan lebaran itu pun sempat viral.

    Perumda Pasar Jaya akhirnya melakukan pembatasan pengunjung menjadi 50 persen dari kapasitas pasar. Petugas juga mengatur alur masuk dan keluar pengunjung, sehingga dapat mengurai penumpukan di dalam pasar.

    Selain itu, Perumda Pasar Jaya juga mengatur jam tutup toko. Gerai yang berada di lantai ganjil diminta tutup pukul 16.00 WIB dan yang berada di lantai genap tutup pukul 17.00 WIB. 
     
    "Supaya tidak ada kepadatan saat tutup toko. Dengan berbagai upaya tersebut, maka protokol kesehatan bisa dijalankan semaksimal mungkin," ucap Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin.  

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id