Pengusaha Merugi Puluhan Miliar Rupiah Akibat Banjir Rob

    Yurike Budiman - 19 November 2020 04:37 WIB
    Pengusaha Merugi Puluhan Miliar Rupiah Akibat Banjir Rob
    Ketua Komisi IV DPR, Sudin/Medcom.id/Yurike Budiman
    Jakarta: Pengusaha perikanan terdampak banjir rob di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, selama 3 hari berturut-turut. Usaha mereka merugi puluhan miliar rupiah

    Keluhan pengusaha itu diserap oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin. Selain usaha yang merugi, banyak jalan yang rusak akibat banjir itu.

    "Tiga hari (kerugian) Rp10 miliar, ya nanti kalau seminggu tinggal kita hitung saja berapa," kata Sudin di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman (PPSNZ) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu, 18 November 2020.

    Baca: Empat RT di Jakarta Masih Tergenang Akibat Rob

    Menurut dia, kerugian puluhan miliar rupiah diakibatkan kegiatan bongkar muat yang nyaris lumpuh. Hal tersebut disampaikan perwakilan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) ketika bertemu Sudin.

    Dia menyebut, ada 17-20 kapal yang bongkar muat di kawasan itu. Banjir rob menyebabkan penurunan drastis aktivitas logistik. Hanya tiga kapal yang melakukan bongkar muat.

    "Memang bagaimana pun semua itu faktor alam, tapi kan kita sebagai manusia punya akal, bisa memperbaiki. Kalo hanya pompa, buang, pompa, buang, itu kan bukan solusi. Hanya jangka pendek saja," kata Sudin.

    Ia menilai kerusakan infrastruktur juga menjadi masalah di pelabuhan tersebut, dimana hal itu menjadi tanggung jawab Perindo untuk memperbaiki. Namun, Perindo mengaku tidak bisa melakukan upaya perbaikan karena terkendala biaya.

    "Seharusnya Perindo sebagai badan usaha kan ngomong: 'Pengusaha, gua nggak cukup nih. Kalian bantu deh, ayo 500 meter dulu (perbaiki jalan)', kan bisa begitu," kata Sudin.

    Sayangnya, pihak Perindo dan asosiasi pengusaha di Pelabuhan Muara Baru, tidak dapat berkoordinasi dengan baik. Diketahui, pengusaha ikan juga telah meninggikan jalan meski pada area masing-masing. Akibatnya, tinggi dan rendah jalan tidak sama.

    "Suatu tantangan bagi saya selaku pimpinan Komisi IV untuk bisa kami menyelesaikan masalah ini," tutupnya.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id