RTH di Jakarta Bakal Difungsikan Tampung Air Hujan

    Cindy - 01 Maret 2021 18:40 WIB
    RTH di Jakarta Bakal Difungsikan Tampung Air Hujan
    RTH Kalijodo/Antara/Wahyu Putro A



    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengubah konsep ruang terbuka hijau (RTH) menjadi blue and green. Tiap RTH nantinya berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan sebagai langkah antisipasi banjir.

    "Jadi ke depan pengembangan Dinas Pertamanan itu bukan hanya membuat hijau tetapi kita mengembangkan biru, jadi green and blue, di mana ada taman-taman kita itu dibuat yang bisa menampung air," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Maraitawati di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 1 Maret 2021.  






    Suzi menjelaskan konsep tersebut akan dibuat di RTH dekat permukiman rawan banjir. Genangan air yang merendam permukiman warga akan dialirkan ke taman.

    "Supaya dari permukiman ya nanti masuknya ke taman, jadi itu salah satu cara kita untuk menyimpan air," ucap Suzi.
     
    Menurutnya, taman mampu menampung air hingga ketinggian 80 sentimeter (cm). Suzi menuturkan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air DKI untuk menciptakan ruang biru dan hijau tersebut.

    Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini, mengatakan pihaknya baru membangun 2.974 sumur resapan sampai 2020. Angka tersebut masih jauh dari target yang dicanangkan Anies.
     
    "Kalau SDA sendiri kemarin (2020), sudah sampai 2.974 sumur resapan. Kemarin kenapa lambat karena vendornya cuma dua," kata Juaini di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin, 22 Februari 2021.

    Dia menuturkan proyek sumur resapan akan dikejar pada 2021-2022. Pihaknya berencana membuat 300 ribu sumur resapan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 sebesar Rp400 miliar. 

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id