comscore

Wagub DKI Bantah Jaktim Terapkan PPKM Level 1

Kautsar Widya Prabowo - 29 September 2021 23:23 WIB
Wagub DKI Bantah Jaktim Terapkan PPKM Level 1
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza)/Kautsar.
Jakarta: Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) membantah Jakarta Timur (Jaktim) telah masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1. Ia memastikan seluruh wilayah di Ibu Kota masih menyandang status PPKM level 3. 

"Sampai hari ini masih level 3 ya. Kami menunggu keputusan dari pemerintah pusat. apapun keputusannya tentu sudah diteliti, dicek, dipastikan kalau itu yang terbaik," ujar Ariza di Balai Kota, Rabu, 29 September 2021. 
Baca: Pelonggaran PPKM Bikin Sri Mulyani Optimistis Ekonomi Tumbuh 4,5%

Status PPKM level 1 di Jaktim diutarakan Wali Kota M Anwar. Ariza menerangkan maksud level 1 tersebut merupakan hasil asesmen dari Kementerian Kesehatan yang berbeda dengan level PPKM. 

"Umpamanya, level nol berarti situasi tanpa penularan lokal, level 1 penularan tidak terjadi namun ada keterbatasan penerapan upaya pencegahan penularan atau jika ada kasus masih dapat dikendalikan melalui tindakan efektif," kata Ariza.

Kemudian, hasil asesmen level 2 berarti situasi dengan insiden komunitas yang rendah. Sedangkan, asesmen level 3 dengan kondisi penularan di komunitas dengan kapasitas respons terbatas dan terdapat risiko layanan kesehatan tidak memadai. 

"Level 4 transisi tidak terkontrol dengan kapasitas respons tidak memadai. Ini level yang dimaksud oleh Kemenkes," kata Ariza.

Sebelumnya, Wali Kota Administrasi Jaktim M Anwar mengatakan seluruh wilayahnya telah berstatus pemberlakuan PPKM level 1. Warga diminta terus mempertahankan protokol kesehatan (prokes) dalam mewaspadai ancaman covid-19.

"(Status level 1) berdasarkan dari riset pemerintah pusat sebagai salah satu kota yang berhasil menekan angka penularan covid-19," ujar Anwar dalam keterangan tertulis, Rabu, 29 September 2021.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id