PLTA Sungai Kayan Diyakini Mampu Pasok Listrik Ibu Kota Baru

    Damar Iradat - 04 September 2019 22:34 WIB
    PLTA Sungai Kayan Diyakini Mampu Pasok Listrik Ibu Kota Baru
    Ilustrasi. Medcom.id/ Rakhmat Riyandi
    Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) telah mengkaji kebutuhan sarana dan prasarana ibu kota baru di Kalimantan Timur. Salah satunya terkait pasokan listrik.

    "Saya pikir sudah dianalisa secara baik oleh Bappenas, daya dukung untuk proyek pembangunan ibu kota, pasti sudah dihitung dengan baik," kata Moeldoko di kantornya, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 4 September 2019.

    Salah satu upaya pemerintah untuk memasok listrik di ibu kota baru adalah dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Kayan di Kalimantan Utara. Moeldoko menilai, pembangunan PLTA Sungai Kayan akan turut mendukung pasokan listrik ke ibu kota baru di Kalimantan Timur.

    "Jadi tidak perlu dipermasalahkan, apalagi nanti (PLTA) Sungai Kayan bisa menghasilkan (listrik) cukup besar yang tidak terlalu jauh dari Kalimantan Timur. Jadi menurut saya sudah terkalkulasi," jelas dia.

    PLTA Sungai Kayan akan dibangun sebanyak lima bendungan. Bendungan pertama diklaim akan menghasilkan 900 megawatt listrik, bendungan kedua 1.200 megawatt, bendungan ketiga dan keempat itu 1.800 megawatt lalu bendungan kelima 3.200 megawatt.

    Pembangunan ini juga sudah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2018. Sehingga secara periodik, perkembangannya akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

    Presiden mengumumkan sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara menjadi lokasi ibu kota baru. Wilayah ini dianggap minim risiko bencana, seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor.

    Selain itu, wilayah ini dinilai strategis karena berada di tengah Indonesia. Kawasan ini juga diapit perkotaan yang sedang berkembang, Balikpapan dan Samarinda. Sejumlah infrastruktur pendukung pun tersedia di wilayah tersebut.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id