comscore

Anies Ajak Warga Jakarta Matikan Lampu Selama 1 Jam

MetroTV - 02 Juli 2022 19:17 WIB
Anies Ajak Warga Jakarta Matikan Lampu Selama 1 Jam
Aksi 60 menit padamkan listrik, selamatkan bumi. Foto: Dok/Metro TV
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Jakarta mematikan lampu serta alat elektronik lainnya selama 1 jam malam ini. Ajakan ini dalam rangka aksi Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar kegiatan selamatkan bumi dengan mematikan lampu di beberapa titik di Jakarta sebagai aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon. Pemadaman lampu selama 1 jam atau 60 menit ini akan dilakukan pada Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 20.30-21.30 WIB di seluruh gedung perkantoran Pemprov DKI Jakarta, kecuali rumah sakit, puskesmas dan klinik.
Pemadaman juga dilakukan pada sejumlah ikon Kota Jakarta, termasuk Monas, Patung Kuda dan Bundaran HI, serta di jalan protokol dan arteri di 5 wilayah Kota Jakarta. Selain itu, beberapa gedung milik swasta juga turut berpartisipasi.

Pemprov DKI Jakarta mengimbau seluruh warga Jakarta untuk ikut serta dalam aksi ini. Anies menyebut aksi ini dapat memberi dampak yang besar untuk bumi.

"Kepada seluruh warga Jakarta, yuk kita partisipasi dalam aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon dalam rangka kegiatan hajatan Jakarta dan sekaligus juga Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022," ujar Anies Baswedan dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Sabtu, 2 Juli 2022.

Aksi pemadaman lampu ini bukan baru pertama, namun merupakan aksi rutin setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu dalam Rangka Aksi Hemat Energi Dan Pengurangan Emisi Karbon.

Aksi ini memiliki manfaat positif seperti penghematan konsumsi listrik, penghematan dari segi ekonomi, hingga penurunan emosi karbondioksida. Dan diharapkan juga dapat memberi dampak pada perbaikan kualitas udara Jakarta. Mengingat Jakarta tercatat sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia yang salah satu penyebabnya berasal dari penggunaan energi listrik yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). (Eka Putri Wahyuni)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id