comscore

Gaji Sopir Kopaja TransJakarta Rp6,2 Juta per Bulan

Intan fauzi, Riyan Ferdianto - 22 Desember 2015 19:47 WIB
Gaji Sopir Kopaja TransJakarta Rp6,2 Juta per Bulan
Bus ukuran sedang Kopaja yang tergabung dalam TransJakarta. (Foto: MTVN/Intan Fauzi)
medcom.id, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diketahui memberikan gaji sopir Kopaja TransJakarta sebesar Rp6,2 juta per bulan. Mereka dipilih setelah mengikuti sejumlah tes mengemudi.
 
Direktur PT Transjakarta Antonius NS Kosasih mengatakan, sopir Kopaja itu sudah melakukan sejumlah pelatihan dan dipastikan tidak akan ugal-ugalan dalam berkendara.
 
"Di sini semua sopir memakai seragam, rapi, rambut tidak boleh gondrong, wajib pakai sepatu. Paling penting, mereka sudah lulus standar keamanan mengemudi," kata Kosasih saat peluncuran armada bus angkutan umum pengumpan untuk koridor busway di parkir timur Senayan, Selasa (22/12/2015).
 
Ketua Umum Kopaja Nanang Basuki mengatakan, pengemudi yang melayani koridor TransJakarta itu digaji dua kali Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI. "Mereka menerima gaji bulanan. Tidak ada lagi setoran apalagi kejar-kejar penumpang," katanya.
 
Nantinya, Kopaja selaku operator akan menerima pembayaran rupiah per kilometer dari PT Transportasi Jakarta. Tarif yang dibayarkan kepada Kopaja sebesar Rp 10.350 per kilometer.

"Rp 10.350 per kilometer itu sesuai dengan yang ada di LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah). Hitungan rupiah per kilometernya itu dari e-katalog," kata Nanang.
 
Kopaja TransJakarta resmi mengaspal di Ibu Kota, rencana bus itu akan beroperasi pekan depan. Sebanyak 320 bus sedang akan beroperasi di lima rute lintas koridor TransJakarta.
 
Dinas Perhubungan dan Transportrasi Jakarta akan mensosialisasikan rute yang dilalui bus berwana biru putih itu. Seperti rute Monas - PIK, Ragunan - Monas, Ragunan - Dukuh Atas , Lebak Bulus - Senen via Stasiun Cikini dan Blok M - Manggarai via Stasiun Manggarai.
(FZN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id