Mengenang Dua Tahun Penggusuran Kampung Akuarium

    Nur Azizah - 14 April 2018 13:01 WIB
    Mengenang Dua Tahun Penggusuran Kampung Akuarium
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peringatan dua tahun penggusuran Kampung Akuarium. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
    Jakarta: 11 April 2018 tepat dua tahun penggusuran Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Masih jelas diingatan Fakhrozi bagaimana alat-alat berat itu menghantam rumahnya.
     
    Seketika hancur. Berubah menjadi puing-puing tak berguna. Pria yang berprofesi sebagai nelayan ini hidup pontang-panting.
     
    Kadang tidur di atas puing, tak jarang juga tidur di atas kapal. Seminggu, sebulan, hingga setahun Fakhrozi hidup di tempat tak layak.
     
    Sekarang, pria berusia 40 tahun itu bersyukur bisa tinggal di shelter Akuarium. Ia bisa tidur tanpa harus khawatir kehujanan dan kedinginan.
     
    "Kami tidak lupa penggusuran dua tahun lalu. Tidak akan kami lupakan. Saat itu kami hanya bisa bertahan," kata Fakhrozi kepada Medcom.id, Jakarta Utara, Sabtu 14 April 2018.

    Baca: Asa Baru di Kampung Akuarium

    Dua tahun berlalu. Fakhrozi dan ratusan warga lainnya bersyukur masih bisa bertahan hidup.
     
    Mereka pun mengungkapkan rasa bahagianya dengan menggelar syukuran di depan masjid Al-Ikhlas, Kampung Akuarium. Sejumlah kesenian pun ditunjukkan, mulai dari tarian daerah hingga paduan suara.
     
    Acara syukuran ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ada juga Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi dan sejumlah aktivis dari LBH Jakarta dan lembaga lainnya.
     
    Anies yang saat itu mengenakan kemeja hijau tampak terharu. Tak sedikit warga yang mengucapkan terima kasih kepada Mantan Menteri Pendidikan ini.





    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id