comscore

Fetival Budaya Pecinan akan Digelar di Petak Sembilan

01 Maret 2018 18:35 WIB
Fetival Budaya Pecinan akan Digelar di Petak Sembilan
Vihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat. Foto: MI/Usman Iskandar
Jakarta: Kirab budaya dan pawai Cap Go Meh akan menyemarakkan Festival Pecinan 2018 yang dipusatkan di Jalan Petak Sembilan, Pancoran, Glodok, Jakarta Barat. Acara itu akan digelar 3 hingga 4 Maret 2018.
 
Sejumlah menteri dan wakil rakyat dipatikan akan bergabung bersama ribuan pengunjung di event budaya yang menjadi salah satu destinasi wisata.
 
"Festival Pecinan menjadi salah satu unggulan wisata budaya di Jakarta Barat untuk menggali potensi kawasan dan menggaet sebanyak mungkin turis lokal maupun turis mancanegara," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Jakbar, Linda Enriany, Kamis, 1 Maret 2018.
 
Festival tersebut akan menampilkan kirab budaya yang merupakan kolaborasi etnis Tionghoa seperti Barongsai, Ondel-ondel Betawi, Reog Ponorogo, Sisingaan dari Jawa Barat dan Marching Band dari Al-Azhar.
 
"Harapan saya, hiburan yang ada menarik minat masyarakat untuk datang, agar iklim wisata kawasan pecinan Jakarta Barat hidup, berwarna dan berkembang," kata Linda.

Baca: Menyusuri Jejak Pecinan di Ibu Kota 
Seperti di ketahui, Jalan Petak Sembilan dikenal sebagai China Town Jakarta Barat. Jalan sepanjang hampir 2 kilometer ini letaknya tidak jauh dari Pasar Glodok, yang selama ini dikenal sebagai pusat penjualan elektronik terbesar di Jakarata.
 
Sentra penjualan elektronika ini dikenal hampir seantero tanah air sebagai pusat grosir barang elektronik. "Karena letaknya dekat Glodok, saya yakin acara ini akan berlangsung meriah, apalagi pada saat bersamaan juga ada kegiatan Cap Gomeh yang lebih dulu terkenal. Festival Pecinan dan Cap Gomeh dua event yang saling isi," tutur Linda.
 
Cap Gomeh sendiri merupakan rangkaian kegaian penutup perayaan imlek di Ibukota. Event ini mulai dilaksanakan di Jakarta sejak tahun 1962 dan berlangsung sampai 2016. Pada 2017 dihentikan karena ada Pilkada dan dilanjutkan lagi pada 2018 ini.
 
Pada kegiatan Cap Gomeh  masyarakat akan dihibur dengan parade budaya yang berlangsung di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk. Aneka kegiatan akan mewarnaj karnaval di ruas jalan sepanjang 3,5 kilometer.
 
Andalan yang ditunggu-tunggu masyarakat berupa karnaval ogoh-ogoh yang akan diusung puluhan orang. "Selain itu ada parade budaya lainnya. Ini hiburan akhir pekan gratis jadi saya pastikan orang pasti terhibur," kata Linda.



(FZN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id