KRL Terbebas dari Banjir, Penumpang Meningkat

    Cindy - 22 Februari 2021 15:14 WIB
    KRL Terbebas dari Banjir, Penumpang Meningkat
    Ilustrasi rangkaian KRL. Antara/Asprilla Dwi Adha



    Jakarta: Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tak lagi berdampak pada layanan kereta rel listrik (KRL). Perjalanan KRL di seluruh jalur dan stasiun terpantau aman, lancar, dan kondusif pada Senin, 22 Februari 2021.

    "KAI Commuter mencatat hingga pukul 08.00 WIB jumlah pengguna KRL sejumlah 106.818 orang atau bertambah dua persen dibanding waktu yang sama pada Senin pekan lalu berjumlah 104.467 orang," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba lewat keterangan tertulis, Senin, 22 Februari 2021.




    Sejumlah stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Citayam menjadi 7.789 pengguna, atau naik 17 persen dibanding pekan lalu. Kemudian, Stasiun Bekasi 5.732 pengguna (naik 28 persen) dan Stasiun Parung Panjang 4.891 pengguna (naik 3 persen).

    Namun, sebagian stasiun mencatat jumlah pengguna menurun. Seperti Stasiun Bojonggede menjadi 8.171 pengguna atau turun 4 persen dibanding pekan lalu. Lalu, Stasiun Bogor 7.791 pengguna (turun 16 persen) dan Stasiun Cilebut 4.844 pengguna (18 persen).

    "KAI Commuter tetap mengoperasikan 986 perjalanan KRL per hari dengan jam operasional mulai dari pukul 04.00-22.00 WIB, sesuai aturan pada masa pembatasan kegiatan masyarakat di tengah pandemi covid-19," ucap Anne.

    Baca: Jalur KRL Pondok Ranji-Kebayoran Sempat Terganggu Akibat Banjir

    Anne memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan stasiun maupun dalam KRL tetap ketat dijalankan. KAI Commuter juga mengajak pengguna KRL tetap mematuhi arahan pemerintah dengan mengurangi mobilitas serta mengatur aktivitas kerja.

    Para pengguna juga diminta merencanakan perjalanannya dan tidak memaksa naik ke dalam kereta yang telah terisi penuh. Kapasitas penumpang maksimal 74 orang per kereta.

    "Untuk memaksimalkan upaya jaga jarak aman ini, tetap ada antrean penyekatan di stasiun-stasiun terutama pada jam sibuk," kata Anne.

    Selain protokol kesehatan, aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku. Pengguna berusia 60 tahun ke atas hanya dapat naik KRL di luar jam sibuk, atau sepanjang pukul 10.00-14.00 WIB.  

    Pengguna yang membawa barang melebihi ukuran yang ditentukan juga diminta naik di luar jam sibuk. Anak balita masih dilarang naik KRL.

    "Mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan, KAI Commuter mengimbau pengguna untuk membawa perlengkapan tambahan saat hendak keluar rumah serta memeriksa prakiraan cuaca harian sebelum beraktivitas," ujar Anne.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id