Pakai Sirene, 5 Pengendara Harley Ditilang di Sekitar Monas

    Siti Yona Hukmana - 30 Maret 2021 20:42 WIB
    Pakai Sirene, 5 Pengendara Harley Ditilang di Sekitar Monas
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Sebanyak lima pengendara sepeda motor gede (moge) Harley-Davidson ditilang polisi. Mereka dicegat polisi saat melintas bersama rombongan di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. 

    "Yang dilakukan penindakan ada lima, rombongan kira-kira sembilan sampai 10 moge," kata Kasat Patroli dan Pengawalan (Patwal) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 29 Maret 2021. 






    Menurut dia, penindakan itu berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB, Minggu, 28 Maret 2021. Petugas patwal melihat rombongan moge Harley-Davidson berjalan beriringan. 

    "Beberapa kendaraan ada yang menggunakan lampu sirene dan strobo meminta prioritas jalan," ujar Argo. 

    Dia menyebut pemasangan sirene dan strobo itu menyalahi aturan. Penggunaan lampu isyarat warna merah atau biru itu hanya diperbolehkan bagi kendaraan yang memiliki hak utama sesuai Pasal 59 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

    "Sehingga rombongan moge tersebut diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan maupun peneguran," ungkap Argo. 

    Baca: Pascapandemi, Transportasi Diprediksi Semakin Humanis

    Argo menyebut kendaraan yang memiliki kelengkapan dokumen dan tidak menggunakan lampu sirene dipersilakan melanjutkan perjalanan. Pengendara yang menggunakan lampu sirene yang tidak sesuai peruntukan dibawa ke Satuan Patwal Polda Metro Jaya. 

    Sebanyak lima motor Harley Davidson itu disita polisi. Hal itu dilakukan untuk mengubah moge itu sesuai standar dengan melepas sirene, strobo, dan knalpot yang tidak sesuai standar. 

    "Selanjutnya penindakan terhadap pelanggaran tersebut dikenakan Pasal 287 ayat 4 tentang Penyalahgunaan Hak Utama (larangan penggunaan sirene), denga denda maksimal Rp250 ribu atau kurungan paling lama 1 bulan," ungkap Argo.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id