MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:25
    SUBUH 04:35
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Cawagub DKI Diminta Buat Makalah

    Theofilus Ifan Sucipto - 12 Februari 2019 17:42 WIB
    Cawagub DKI Diminta Buat Makalah
    Balai Kota DKI Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.
    Jakarta: Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta akan diminta membuat makalah tentang pemahaman mereka dan solusi masalah di Ibu Kota. Hal ini untuk menguji pemahaman mereka terhadap rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan isu Jakarta.

    Ubedilah Badrun, panelis seleksi cawagub yang ditunjuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menyebut  pengganti eks Wagub Sandiaga Uno harus punya kecocokan dengan Gubernur DKI Anies Baswedan. Cawagub pun diminta membeberkan janji kerjanya dengan detail. 
    “Kalau dijelaskan secara baik, berarti ada kecocokan pemikiran bahwa cawagub memahami visi misi gubernur,” kata Ubedilah di Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019.

    Analis sosial politik dari Universitas Islam Indonesia (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu menjelaskan calon tandem Anies juga diwajibkan memiliki integritas. Mereka tak boleh memiliki masalah dalam pemberantasan korupsi.

    “Karena integritas ini soal penting, di antaranya perilaku yang antikorupsi. Kita juga menggali apakah mereka sosok yang cenderung membuka praktik korupsi atau tidak,” ungkap dia. 

    Baca: Pengumuman Cawagub DKI Dituding Tak Sesuai Mekanisme

    Selain itu, kata dia, kemampuan cawagub untuk berkomunikasi dengan DPRD juga diperhatikan panelis. Pasalnya, Ubedilah menilai pemerintahan yang efektif dan efisien bisa terwujud jika ada sinergi antara eksekutor dengan legislator.

    Kriteria yang tak kalah penting adalah akseptabilitas publik terhadap cawagub. “Kita mendengar pandangan publik melalui focus group discussion (FGD) dan mengundang tokoh Betawi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan pemangku kepentingan,”  kata dia.

    Dari situ para, cawagub memiliki gambaran beratnya pekerjaannya kelak. “Mereka harus bisa bekerja sama dengan gubernur untuk mengatasi persoalan DKI,” pungkas Ubedilah.




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id