Dibuka Kembali, TPU Semper Diserbu Peziarah

    Yurike Budiman - 18 Mei 2021 02:06 WIB
    Dibuka Kembali, TPU Semper Diserbu Peziarah
    TPU Semper, Jakarta, didatangi peziarah, Senin, 17 Mei 2021. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman



    Jakarta: Setelah ditutup selama 12-16 Mei 2021, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semper, Jakarta Utara, kembali dibuka. Masyarakat antusias mendatangi TPU di Semper Timur, Cilincing, tersebut. 

    Abdul Hamid, 47, warga asal Lagoa, Tanjung Priok, bersyukur bisa kembali berziarah. Dia sempat kecewa tak bisa berziarah saat Lebaran 2021.

     



    "Pas tahu (ditutup) sempet kecewa cuma mungkin itu untuk kebaikan kita semua supaya tidak berkerumun," kata Hamid di lokasi, Senin, 17 Mei 2021.

    Baca: Catat! Mulai Besok Keluar Masuk Jakarta Wajib Tunjukkan Surat Bebas Covid-19

    Hamid berterima kasih kepada pemerintah karena tak perlu waktu lama untuk kembali membuka TPU. Jumlah pengunjung pun tak dibatasi.

    "Kami yang masih hidup juga perlu berziarah ke makam untuk mengingat kita kematian karena yang hidup pasti akan mati," lanjutnya. 

    Dengan dibukanya TPU Semper, pengunjung tetap mendapat pengawasan protokol kesehatan ketat dari tiga pilar. Petugas gabungan dari Satpol PP, TNI, dan Polri berpatroli di area pemakaman.

    Kasatpol PP Semper Timur, Muhammad Syamsu, mengatakan tiga pilar mengimbau masyarakat tidak berkerumub. Peziarah juga diingatkan terus menggunakan masker dan menjaga jarak.

    "Ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk mengontrol. Setelah itu kami persilakan untuk segera meninggalkan lokasi karena lebih baik seperlunya saja," kata Syamsu. 

    Kepala Satuan Pelayanan TPU Semper, Nasrun Lubis, mengatakan kondisi pelayanan pemakaman sudah normal. Namun, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat. 

    "Pembukaan hari ini sudah normal seperti biasa. Sementara itu, untuk waktu pembukaan makam seperti normalnya jam delapan pagi hingga empat sore," kata Nasrun.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id