Warga DKI Berinovasi Batasi Akses Perumahan

    Siti Yona Hukmana - 02 April 2020 20:07 WIB
    Warga DKI Berinovasi Batasi Akses Perumahan
    Pengecekan suhu tubuh saat memasuki wilayah tertentu/Medcom.id/Zaenal Arifin.
    Jakarta: Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sejumlah wilayah di Jakarta membatasi akses wilayah, mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Langkah itu dinilai bukan untuk karantina wilayah, melainkan bentuk kewaspadaan.

    "Itu inovasi yang dilakukan oleh masing-masing RT atau RW secara lokal saja, tetapi bukan berarti dia (warga) dikarantina tidak bisa keluar. Mereka bisa keluar pada saat membeli sembako," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Kedoya, Jakarta Barat, Kamis, 2 April 2020. 

    Baca: Kelurahan Tidung Batasi Akses Keluar Masuk Warga

    Yusri mengatakan, upaya itu dilakukan untuk mengisolasi secara mandiri warga setempat. Warga juga meningkatkan kewaspadaan dengan menyeleksi warga lain masuk, untuk mencegah penyebaran virus korona. 

    "Masyarakat itu merasa peduli untuk jaga warganya sendiri, jangan sampai ada warga lain yang masuk ke dalam, bisa mengakibatkan orang-orang di sekitar situ tertular," ungkap Yusri.

    Menurut dia, warga diperkenankan melakukan hal tersebut. Adapun polisi masih belum memberlakukan pembatasan akses ke Jakarta. 

    Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penutupan jalan dilakukan jika sudah ada perintah oleh Presiden Joko Widodo melalui Kapolri Jenderal Idham Azis. 

    "Belum ada perintah bagi kami untuk melaksanakan penutupan atau penyekatan arus lalu lintas, baik masuk dan keluar Jakarta. Kami tidak akan melakukan penutupan dan penyekatan jika belum ada perintah," kata Sambodo saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 2 April 2020.

    Sejumlah RT/RW yang membatasi pintu masuk terdapat di Cempaka Putih dan Rawasari, Jakarta Pusat. Kemudian RT/RW di Kampung Jawa, Jakarta Barat.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id