Pemerintah Berlakukan PPKM Level 4, Ini Daftar Daerahnya

    Kautsar Widya Prabowo - 21 Juli 2021 10:48 WIB
    Pemerintah Berlakukan PPKM Level 4, Ini Daftar Daerahnya
    ilustrasi/MI



    Jakarta: Pemerintah memutuskan megubah istilah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat menjadi PPKM level 4. Aturan itu diberlakukan selama lima hari dari 21 sampai 25 Juli 2021. 

    Keputusan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM level 4 Covid-19 di Jawa dan Bali. Aturan itu ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada 20 Juli 2021.

     



    "Penetapan level wilayah berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditetapkan Menteri Kesehatan," bunyi Inmendagri Nomor 22 Tahun 2021, dikutip Medcom.id, Rabu, 21 Juli 2021. 

    Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/4805/2021 tentang Indikator Penyesuain Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 membagi indikator daerah yang masuk level 3 dan level 4. Daerah yang masuk level 3 jika ada 10 sampai 30 orang per 100 ribu penduduk dalam satu minggu terakhir dirawat di rumah sakit. 

    Kemudian, ditemukan dua sampai lima kasus kematian per 100 ribu penduduk. Lalu, ada 50 sampai 150 kasus aktif per 100 ribu penduduk dalam rentang dua minggu.
     
    Diperlukan penguatan semua upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial agar tidak masuk ke level situasi 4. Semua individu harus mengurangi  kontak sosial, beberapa kegiatan perlu ditutup sementara dengan pengecualian pada layanan-layanan esensial. 

    Penentuan daerah level 4 jika ditemukan lebih dari 30 orang per 100 ribu penduduk dalam satu minggu terakhir dirawat di rumah sakit. Lebih dari lima kasus kematian per 100 ribu penduduk dan lebih dari 150 kasus aktif per 100 ribu penduduk dalam rentang dua minggu.

    Baca: Beri Sinyal Perpanjang PPKM Darurat, Begini Pernyataan Jokowi

    Pada level 4, dilakukan pembatasan ketat untuk menekan laju penularan wabah. Seluruh wilayah DKI Jakarta masuk kategori level 4. Daerah Provinsi Banten yang masuk level 4 ialah Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kota Serang. 

    Wilayah Jawa Barat yang masuk level 4 mencangkup Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Banjar, Kota Bandung, dan Kota Tasikmalaya. Kemudian di Provinsi Jawa Tengah ada Sukoharjo, Kabupaten Rembang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Klaten, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Banyumas, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Salatiga dan Kota Magelang.

    Daerah level 4 di Yogyakarta meliputi Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta. Di Jawa Timur, ada Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, dan Lamongan.

    ?Kemudian, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kota Batu. Sementara Bali tidak ada satu pun kabupaten/kota yang masuk level 4.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id