Kemenhub Buka Kemungkinan Ubah Tarif Baru Ojek Online

    Ilham Pratama Putra - 06 Mei 2019 18:03 WIB
    Kemenhub Buka Kemungkinan Ubah Tarif Baru Ojek <i>Online</i>
    Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
    Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan evaluasi terkait penetapan tarif baru ojek online. Pasalnya penetapan itu menuai pro-kontra baik dari pihak aplikator, pengemudi maupun masyarakat.

    "Kita akan melakukan uji coba dan survei, kita akan melihat kepatuhan atas regulasi kita," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin, 6 Mei 2019.

    Budi mengaku pihaknya juga telah bertemu dengan salah satu pihak aplikator untuk membahas tarif baru. Tak menutup kemungkinan tarif yang berlaku sekarang bakal diubah. 

    "Saya setuju ini kan menyangkut hidup orang banyak. Bahkan karena hal ini pengemudi banyak yang off quit. Untuk itu kita dapat tugas dari Pak Menteri, untuk membahas ini dengan pihak gojek," kata Budi.

    (Baca juga: Tarif Baru Bikin Order Go-Jek Menurun)

    Pihaknya, kata dia, juga melihat adanya potensi dari pihak aplikator yang tidak taat regulasi. Untuk itu, Kemenhub bakal melakukan evaluasi. 

    Kemenhub tak ingin ada pihak yang merasa dirugikan. "Bagaimana persepsi dan opini masyarakat terhadap regulasi yang kita berlakukan ini, di driver apakah ada penurunan, dan aplikator apakah penghasilannya naik," lanjut Budi.

    Saat ini survei independen milik Kemenhub telah berjalan untuk melihat gejala yang terjadi di masyarakat setelah kenaikan tarif. Survei dilakukan di lima kota besar yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

    Dalam waktu dekat Kemenhub bakal mengumumkan hasilnya. "Badan litbang kita juga melakukan survei independen. Nah dalam 10 hari, tanggal 17 atau 18 (Mei) sudah ditemukan hasilnya. Diharapkan 23 atau 24 Mei sudah ada putusan," pungkas dia. 
     



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id