comscore

Rute Kopaja TransJakarta Tak Sesuai Harapan Ahok

Intan fauzi - 31 Desember 2015 12:24 WIB
Rute Kopaja TransJakarta Tak Sesuai Harapan Ahok
Articulated bus Kopaja yang tergabung dalam TransJakarta. (Foto: MTVN/Intan Fauzi)
medcom.id, Jakarta: Rute Kopaja TranJakarta yang beroperasi saat ini ternyata tidak sesuai harapan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Ratusan bus pengumpan yang diluncurkan minggu lalu itu dioperasikan dalam rute yang sepi penumpang.
 
"Saya sudah rapat (dengan Dirut TransJakarta dan Dinas Perhubungan DKI). Mereka membagi rute tidak benar. Kopaja TransJakarta dikasih rute yang sepi orang, keenakan mereka dapat rupiah per kilometer. Sedangkan rute yang banyak penumpang tetap biarkan (bus) yang jelek. Kurang ajar," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (31/12/2015).
 
Ahok menilai, seharusnya bus pengumpan dioperasikan di rute yang memiliki banyak penumpang. Padahal Pemprov DKI sudah menerapkan rupiah per kilometer sehingga operator tidak perlu lagi mencari penumpang. "Saya kan tidak bikin anda bangkrut," kata Ahok.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu curiga ada permainan yang dilakukan operator. Operator sengaja memilih rute sepi untuk Kopaja TransJakaera, sedangkan bus rongsok tetap beroperasi di rute ramai.
 
“TransJakarta wajib masuk di rute gemuk (rute banyak penumpang). Mereka bilang perlu kajian, saya bilang tidak usah kaji-kajian. Lihat saja bus jelek penuh sesak, Kopaja TransJakarta kosong melompong, artinya apa? Orang butuh armada tambahan," ujarnya.
 
Ahok enggan menuding Dirut PT TransJakarta Antonius Kosasih terlibat dengan operator. "Saya tidak tahu. Saya tidak punya bukti. Daripada gue pusing, ganti saja lah (Dirutnya)," kata Ahok.
 
Direktur PT Transjakarta Antonius NS Kosasih mengatakan, rute itu ditentukan berdasarkan hasil kajian PT TransJakarta, bersama Dinas Perhubungan DKI, Dewan Transportasi Kota Jakarta serta Organisasi Angkutan Darat (Organda).
 
Rute Monas - PIK dilayani 30 bus, rute Ragunan - Monas 50 bus, Ragunan - Dukuh Atas 50 bus, Lebak Bulus - Senen via Stasiun Cikini 80 bus dan Blok M - Manggarai via Stasiun Manggarai 40 bus. Sedangkan sisanya 70 bus dioperasikan untuk rute lain.
 
Kopaja TransJakarta berfungsi sebagai angkutan pengumpan yang mengambil penumpang dari luar koridor. Bus itu memiliki fasilitas sama dengan bus TransJakarta pada umumnya. Tiap armada dilengkapi GPS agar mereka tidak keluar jalur yang sudah ditentukan. Sedangkan kamera pengintai untuk mengetahui semua kejadian di depan bus.(FZN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id