Bus TransJakarta di 10 Koridor Ditambah

    Fachri Audhia Hafiez - 02 Agustus 2020 12:39 WIB
    Bus TransJakarta di 10 Koridor Ditambah
    Ilstrasi bus TransJakarta. MI/Bary Fatahilah
    Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menambah armada bus TransJakarta di ruas jalan yang diberlakukan sistem ganjil genap. Penambahan sebanyak 25 persen per koridor.

    "Sebanyak 10 koridor armadanya kami tambah 25 persen," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu, 2 Agustus 2020.

    Syafrin mengatakan dengan adanya kebijakan itu, tidak ada lagi bus 'sapu jagat'. Bus tersebut biasanya dikerahkan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

    Ia mengatakan penambahan bus guna mengantisipasi lonjakan penumpang. Diyakini, pengguna kendaraan pribadi akan menghindari sistem ganjil genap dengan menggunakan transportasi umum.

    Jam operasional transportasi umum lainnya seperti MRT dan LRT juga ditambah untuk menunjang kebutuhan transportasi masyarakat. Namun kapasitas penumpang hanya boleh diisi 50 persen.

    Setiap stasiun, halte, maupun terminal akan menerapkan protokol kesehatan. "Kita diwajibkan untuk melakukan cuci tangan dengan air yang mengalir, di sana disiapkan wastafel, atau paling tidak di sana disiapkan hand sanitizer," ujar Syafrin.

    Baca: Armada TransJakarta Ditambah Antisipasi Penerapan Kembali Gage

    Diberlakukannya kembali ganjil genap di 25 ruas jalan Ibu Kota berdasarkan keputusan situasi emergency break di tengah PSBB transisi. Sebab angka penularan covid-19 di DKI Jakarta kembali meningkat.

    Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 51 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB transisi mengatur instrumen pemberlakuan ganjil genap ketika memasuki masa emergency break.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id