Cegah Klaster, Sidak Perkantoran di Jakpus Digencarkan

    Christian - 28 April 2021 18:29 WIB
    Cegah Klaster, Sidak Perkantoran di Jakpus Digencarkan
    Suasana gedung-gedung perkantoran di Jakarta, Kamis, 13 Agustus 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra



    Jakarta: Suku Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, dan Energi (Sudin Nakertrans-E) Jakarta Pusat (Jakpus) memastikan akan menekan klaster covid-19 di perkantoran. Inspeksi mendadak (sidak) perkantoran di Jakpus bakal digencarkan. 

    "Kita terus sidak dengan tujuan agar kantor patuh dalam menerapkan pencegahan covid-19," ucap Kepala Seksi (Kasie) Pengawasan Sudin Nakertrans-E Jakarta Pusat, Kartika Lubis, melalui sambungan telepon, Rabu, 28 April 2021. 






    Menurut dia, dalam sidak terakhir, Sudin Nakertrans-E Jakarta Pusat tidak mendapati kantor yang melanggar protokol kesehatan (prokes) pencegahan covid-19. Kompleks perkantoran di Majapahit dan Gambir, kata dia, menaati aturan dengan baik. 

    "Sudah sesuai prosedur prokes seperti mereka sudah pakai masker, menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan, ada pengecekan suhu tubuh, dan pembatasan karyawan 50 persen yang bekerja di kantor," ucap Kartika. 

    Baca: Dinkes DKI: Klaster Perkantoran Menyasar Pegawai Telah Divaksinasi

    Kartika menjelaskan pada sidak sebelumnya, sejumlah perkantoran juga relatif tertib. Perusahaan, kata dia, sedianya sudah mengerti soal protokol kesehatan. Jika ada kasus covid-19, perusahaan melaporkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. 

    Dia menilai naiknya kasus covid-19 di perkantoran dalam beberapa hari terakhir lebih disebabkan kecerobohan tiap karyawan dalam menerapkan protokol kesehatan. Perkantoran dianggap masih bisa diajak bekerja sama mencegah covid-19.. 

    Pemprov DKI Jakarta menyebut kasus positif virus korona klaster perkantoran kembali meningkat. Informasi itu diunggah akun resmi Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, di Instagram, pada Sabtu, 24 April 2021.

    Pada periode 12-18 April 2021, ada 425 jumlah kasus positif yang ditemukan di 177 perkantoran. Jumlah tersebut meningkat hampir tiga kali lipat dibanding periode 5-11 April 2021 yang hanya 157 kasus dari 78 perkantoran.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id