Sistem Mitigasi Banjir di Jakarta Dinilai Masih Lemah

    Achmad Zulfikar Fazli - 21 Februari 2021 02:00 WIB
    Sistem Mitigasi Banjir di Jakarta Dinilai Masih Lemah
    Ilustrasi banjir di Kelurahan Makassar, Kecamatan Makassar, Jaktim, Jumat, 19 Februari 2021. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin



    Jakarta: Sistem mitigasi bencana banjir di DKI Jakarta dinilai masih lemah. Hal itu membuat 193 rukun tetangga (RT) di wilayah Jakarta terendam banjir dan 1.400 lebih warga mengungsi.

    "Seharusnya banjir kali ini dapat dihindari, atau dapat diantisipasi," kata Ketua DPD PDI Perjuangan DKI, Ady Widjaja, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 20 Februari 2021.




    Ady mengatakan pihaknya sudah mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk fokus menjalankan dan meneruskan program penanganan banjir. Dia khawatir banjir ini akan menimbulkan permasalahan baru mengingat pandemi covid-19 masih melanda Indonesia.

    "Kami sangat mengkhawatirkan korban banjir yang manula, anak-anak, dan balita. Tempat pengungsian harus bisa di-manage dengan baik, jangan sampai menjadi klaster penyebaran covid-19," ucap dia.

    Baca: Lama Surut, Ini Penjelasan Anies Soal Banjir di Kemang

    Ady memerintahkan seluruh elemen DPC dan ranting segera mendirikan dapur umum untuk membantu korban banjir di Jakarta. Hal ini untuk memastikan seluruh pengungsi mendapatkan makan di saat keadaan darurat.

    Asupan gizi sangat penting agar imunitas para pengungsi tetap terjaga di tengah pandemi covid-19. "Kami juga akan memberikan kebutuhan lain seperti masker dan hand sanitizer ke tempat pengungsian," ujar dia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id