Masyarakat Dinilai Masih Takut ke Mal dan Tempat Wisata

    Cindy - 23 Juni 2020 19:40 WIB
    Masyarakat Dinilai Masih Takut ke Mal dan Tempat Wisata
    Pengunjung memasuki Taman Margasatwa Ragunan. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta mengklaim pembatasan 50 persen kapasitas sejumlah tempat wisata dan mal berjalan baik. Masyarakat dinilai masih takut dengan potensi keramaian di tempat publik tersebut.

    "Respons masyarakat masih belum terlalu tinggi, mungkin orang masih belum terbiasa, masih takut menurut saya," kata Kadisparekraf DKI Ahmad Cucu Kurnia di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juni 2020.

    Dia mencontohkan kapasitas maksimal yang diterapkan Taman Impian Jaya Ancol mencapai 20 ribu pengunjung. Namun, warga yang datang pada hari pertama pembukaan kembali hanya 2.600 pengunjung.

    Jumlah ini meningkat pada hari kedua menjadi 4.600 pengunjung namun belum melebihi kapasitas 50 persen seperti yang ditentukan. Hal serupa juga terjadi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan kapasitas maksimal 20 ribu pengunjung.

    (Baca: Pemerintah Segera Membuka Wisata Alam)

    Cucu menyebut pengunjung pada hari pertama sejumlah 1.500 orang sementara hari kedua mencapai 4.300 pengunjung. Dia menuturkan kapasitas pengunjung mal juga tidak melebihi 50 persen kapasitas.

    "Mal juga kisarannya sekitar 30 persen untuk weekdays (Senin-Jumat) dan weekend (Sabtu-Minggu) berkisar 30-40 persen tergantung malnya. Jadi ya orang masih beradaptasi juga untuk datang," ucap Cucu.

    Dia menilai hal ini wajar mengingat kondisi yang sama juga terjadi di negeri tirai bambu saat relaksasi physical distancing diterapkan. Warga masih merasa takut dengan penyebaran virus korona (covid-19) di tempat publik yang memicu keramaian.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id