Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan Besok

    Renatha Swasty - 29 Maret 2020 22:29 WIB
    Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan Besok
    Ilustrasi Jakarta. Medcom.id/Nur Azizah
    Jakarta: Polda Metro Jaya memastikan lalu lintas di DKI Jakarta tak ada yang berubah, besok, Senin, 30 Maret 2020. Kepolisian tidak menutup jalan.

    "Jalanan normal seperti biasa baik tol maupun jalan arteri," cuit akun twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, @TMCPOldaMetro, Minggu, 29 Maret 2020.



    Informasi senada disampaikan PT Jasa Marga lewat akun twitter resminya @PTJASAMARGA. Perusahaan memastikan jalan tol wilayah Jabodetabek beroperasi normal. Jalan tol itu, yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Sedyatmo (Bandara), Jalan Tol Jagorawi, dan Jalan Tol JORR Non S.

    "Mengenai informasi ditutupnya sejumlah ruas jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga Group di wilayah Jabodetabek, kami tegaskan informasi tersebut tidak benar/hoaks," cuit PT Jasa Marga.



    Sebelumnya, sejumlah dokumen terkait penutupan jalan di Jakarta beredar di grup WhatsApp. Penutupan terkait pencegahan pandemi virus korona (covid-19).

    Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengeluarkan Surat Telegram Nomor: STR/414/III/OPS.2./2020 terkait penutupan akses ke luar dan masuk wilayah DKI Jakarta pada 28 Maret 2020. Nana meminta Kepala Bagian Operasional (Kabagops) membuat rencana pengamanan (Renpam) penutupan jalan atau alih arus kendaraan yang akan masuk atau ke luar Jakarta. Renpam akan dibahas pada rapat koordinasi (rakor), Senin, 30 Maret 2020.

    Renpam dibuat dalam dua bentuk, yakni jalan arteri dan jalan kecil di desa atau kampung yang digunakan untuk akses ke luar atau masuk Jakarta. Pengamanan penutupan jalan arteri maupun di desa dilaksanakan oleh personel bersama TNI dan Pemda setempat. Sementara penjagaan akses tol oleh personel Polda Metro Jaya, TNI, dan Jasa Marga.

    (Baca: Polda Metro Jaya Simulasi Penutupan Akses ke Luar dan Masuk Jakarta)

    Polda Metro Jaya bakal melaksanakan simulasi penutupan akses ke luar dan masuk DKI Jakarta. Langkah itu dilakukan untuk mempersiapkan bila karantina wilayah diterapkan.

    "Kita harus tetap latihan. Apa pun yang terjadi kita sudah latihan," kata Kabid Humas Polda Metro, Kombes Yusri Yunus, saat dihubungi, Minggu, 29 Maret 2020.

    Namun, Yusri menegaskan karantina wilayah belum diberlakukan di DKI Jakarta. Pencegahan penyebaran pandemi virus korona masih sebatas social distancing (jaga jarak sosial).

    "Tidak ada karantina wilayah atau lockdown," ujar dia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id