Pasar di DKI Tak Lagi Pakai Kantong Plastik per 1 Juli

    Cindy - 30 Juni 2020 11:43 WIB
    Pasar di DKI Tak Lagi Pakai Kantong Plastik per 1 Juli
    Ilustrasi plastik. MI/Sumaryanto
    Jakarta: Perumda Pasar Jaya melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di seluruh pasar Jakarta mulai Juli 2020. Hal ini sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

    "Per 1 Juli 2020, para pimpinan wilayah baik manager dan kepala pasar agar mengawasi aktivitas pelarangan kantong plastik sekali pakai di area pasarnya," ucap Direktur Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, di Jakarta, Selasa, 30 Juni 2020.

    Arief mengeklaim pihaknya telah menyosialisasikan pelarangan kantong plastik sekali pakai kepada pedagang dan pengunjung pasar sejak 2018. Sosialisasi dilakukan secara langsung maupun lewat media massa.

    "Sosialisasi awal dilakukan di Pasar Kramat Jati pada Desember 2018. Di sini kita ikut juga membagikan kantong ramah lingkungan kepada pengunjung pasar," jelas Arief.

    (Baca: Pasar Tebet Mulai Tinggalkan Kantong Plastik)

    Pihaknya juga menyosialisasikan pelarangan kantong plastik sekali pakai di Pasar Tanah Abang dan Pasar Kenari, Jakarta Pusat. Kemudian Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur dan Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan pada Januari-Februari 2020.

    Dia menuturkan pasar tradisional menjadi salah satu kontributor besar dalam penghasil sampah di DKI Jakarta. Pasar dapat menghasilkan 600 ton sampah setiap hari.

    Perumda Pasar Jaya berharap para pengunjung dan pedagang pasar siap melaksanakan pelarangan plastik sekali pakai awal Juli. Apalagi, sosialisasi digencar dilakukan.

    "Jika pelarangan kantong sekali pakai ini dilaksanakan maka akan sangat signifikan mengurangi sampah DKI Jakarta," ujar dia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id