comscore

Survei: Figur Cagub Memengaruhi Peta Koalisi Pilkada DKI

Theofilus Ifan Sucipto - 06 Juni 2022 13:05 WIB
Survei: Figur Cagub Memengaruhi Peta Koalisi Pilkada DKI
Ilustrasi survei/Lampost.co
Jakarta: Faktor ketokohan dinilai memengaruhi koalisi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. Hal ini didapatkan dari hasil riset lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS).

“Sebanyak 65,9 persen ahli mengatakan faktor figur calon gubernur atau wakil gubernur memengaruhi pembentukan koalisi pada Pilkada Jakarta,” kata peneliti CSIS Noory Okthariza dalam telekonferensi di Jakarta, Senin, 6 Juni 2022.
Sebanyak 20,6 persen responden menilai koalisi di DKI Jakarta bergantung pada kerja sama partai politik di tingkat nasional. Kemudian, 7,1 persen responden memprediksi isu politik yang sedang hangat di tengah masyarakat bakal memengaruhi pembentukan koalisi.

“Selanjutnya 1,8 persen ahli mengatakan koalisi tersebut dipengaruhi dukungan organisasi masyarakat tertentu,” papar dia.

Noory menyampaikan 4,1 persen responden menilai ada faktor-faktor lainnya yang memengaruhi pembentukan koalisi di DKI Jakarta. Sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca: Gerindra Pertimbangkan Usung Kader di Pilkada DKI

Jajak pendapat ini dilakukan terhadap 170 responden sejak 28 Maret sampai 12 April 2022. Sampel penelitian ini adalah kelompok ahli dari beragam profesi yang dipandang memiliki keahlian dan pengetahuan terkait tema penelitian.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dan virtual menggunakan Zoom atau Google Meet. Sebanyak 110 responden diwawancara tatap muka dan 60 responden diwawancara secara virtual.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id