Warga Hanya Wajib Bayar Biaya Retribusi Pemakaman

    Budi Ernanto - 24 Agustus 2016 08:00 WIB
    Warga Hanya Wajib Bayar Biaya Retribusi Pemakaman
    Ilustrasi makam -- Foto: Antara Foto/Aprillio Akbar
    medcom.id, Jakarta: Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman Tangerang Selatan M Taher menyatakan bakal mengecek adanya dugaan pungutan liar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Benda dan Babakan.

    Jika ada yang sampai harus membayar jutaan rupiah, itu diperkirakan adalah biaya di luar retribusi yang diberlakukan di TPU-TPU Tangsel. Biaya normal berkisar Rp50 ribu hingga Rp250 ribu.

    "Biasanya pengelola TPU sediakan jasa tenda dan lainnya. Mungkin itu yang bikin mahal. Tapi, kan bisa ditawar atau disesuaikan dengan kebutuhan, misal bawa tenda sendiri atau gali tanah sendiri supaya lebih murah," kata Taher kepada Media Indonesia, Selasa (23/8/2016).

    Taher mengaku, sepanjang ia memantau langsung di lapangan, kebanyakan warga yang mengurus jasa pemakaman tidak merinci untuk apa saja uang yang mereke keluarkan. "Maunya tahu beres, tiba-tiba ditagih Rp2 juta," ungkapnya.

    Terkait biaya izin perpanjangan, Taher mengatakan pada tahun pertama tarif yang dikenakan hanya 50 persen dari biaya yang dibayarkan pertama kali. Sementara untuk tahun kedua dan ketiga naik 100 persen dan 150 persen. Tahun keempat dan seterusnya 200 persen.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id